Kategori: Karanganyar

Hiburan Malam Pergantian Tahun Dilarang, Ini yang Dilakukan Hotel di Tawangmangu Karanganyar


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pengelola hotel di Tawangmangu, Karanganyar, mematuhi anjuran pemerintah dengan tidak menyelenggarakan hiburan pada malam pergantian tahun.

Meski tanpa hiburan, pengelola hotel tetap memberikan program spesial pada malam pergantian tahun. Di Nava Hotel Tawangmangu misalnya, pengelola menyediakan jamuan makan malam sekaligus di empat lantai hotel tersebut. Dengan cara ini, tamu bisa bersantap menu khas hotel dengan tetap menerapkan jaga jarak.

Marketing Communications (Marcom) Executive Nava Hotel Tawangmangu, Devi Susanti, menyampaikan tidak akan menyelenggarakan kegiatan khusus pada malam pergantian tahun.

Pemkab Karanganyar Hidupkan Lagi Asar dan Jumatan Keliling, Kali Ini Dengan Protokol Kesehatan

Keputusan itu diambil setelah Nava Hotel berkonsultasi dengan kepolisian. Rencananya, hotel di Tawangmangu tidak mengadakan acara perayaan pada malam pergantian tahun.

"Kami konsultasi dengan polisi perihal acara malam tahun baru. Tetapi kan dari polisi dan Pemkab melarang acara apapun. Kami tidak apa-apa karena pandemi. Kami juga tidak menyelenggarakan count down party. Kami sudah menyampaikan itu kepada tamu dan memaklumi. Kami mengikuti arahan pemerintah," kata Devi saat berbincang dengan Solopos.com melalui sambungan telepon, Kamis (26/11/2020).

Meski demikian, Nava Hotel menyiapkan program khusus bagi tamu pada malam pergantian tahun. Hotel di Tawangmangu itu menghidangkan makanan dan minuman di empat lantai hotel, yakni lantai satu, dua, tiga, dan enam.

Diego Maradona Akan Diabadikan Jadi Nama Stadion Napoli

Hindari Kerumunan

Kebijakan tersebut untuk memastikan tidak terjadi kerumunan sehingga penerapan protokol kesehatan berjalan.

"Saat breakfast pun kami bagi dua sesi supaya tidak berkerumun dan physical distancing. Malam tahun baru menyiapkan dinner bagi tamu yang sudah memesan. Itu daripada mereka keluar hotel dan macet. Okupansi kami pada Desember itu 70 persen. Malam tahun baru, kamar sudah sold out," tutur dia.

Seperti pengelola hotel di Tawangmangu, Pengelola Sakura Hills dan The Lawu Park Tawangmangu, Parmin Sastro, juga memastikan tidak ada acara perayaan pada malam pergantian tahun.

Ponpes di Sragen Wajib Miliki Surat Keterangan Aman dari Covid-19

Dia menuturkan Sakura Hills biasanya menyelenggarakan hiburan musik organ tunggal. Berbeda dengan The Lawu Park yang memang tidak menyuguhkan hiburan pada malam pergantian tahun.

"Kalau kami tidak menyoal kebijakan tersebut. Saat malam pergantian tahun kan jelas objek wisata sudah tutup karena tidak buka sampai malam. Wisata malam di Tawangmangu kan memang belum berkembang. Tetapi kami antisipasi lonjakan pengunjung pada tanggal 1 Januari siang," tutur Parmin.

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum