SOLOPOS.COM - Ilustrasi kucing (Playbuzz)

Hewan peliharaan khususnya kucing terkadang pilih-pilih makanan.

Solopos.com, SOLO — Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kucing peliharaan Anda rewel urusan makan? Berdasarkan hasil penelitian, hal ini dikarenakan reseptor rasa yang dimiliki oleh kucing untuk senyawa pahit lebih sensitif ketimbang reseptor yang dimiliki oleh manusia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dilansir Times of India, Kamis (4/6/2015), semua kucing peliharaan sejatinya adalah sejenis harimau liar yang hidup sebagai hewan karnivora dan mengonsumsi tanaman-tanaman tertentu. Sementara kucing peliharaan di rumah biasanya diberi makanan kering dan beberapa obat-obatan. Hal inilah yang membuat kucing mungkin merasakan pahit pada makanan yang disediakan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami menghadapi tantangan “kucing rewel” setiap hari. Hal ini menarik untuk menemukan respons reseptor tak terduga untuk senyawa pahit yang tidak pernah dijelaskan dalam literatur sampai saat pada setiap spesies lain,” kata Nancy Rawson dari AFB International, sebuah perusahaan rasa makanan hewan yang berbasis di AS.

Temuan tersebut diharapkan akan membantu untuk merumuskan makanan yang tepat untuk kucing berdasarkan kepekaannya terhadap rasa pahit.

“Kami terkejut melihat salah satu reseptor rasa kucing merespons lebih peka pada senyawa pahit. Hal ini menunjukkan bahwa kucing mendeteksi lebih sensitif, atau setidaknya berbeda dari yang dirasakan oleh manusia atas senyawa pahit,” kata salah seorang peneliti, Joseph Rucker, dari Integral Molekuler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya