SOLOPOS.COM - Kucing di kardus (Breathefreelitterboxmate.com)

Hewan peliharaan kucing ternyata tak boleh diberikan makanan manusia.

Soloposcom, SOLO – Kucing menjadi daya tarik bagi pencinta hewan. Tingkahnya yang lucu serta bulunya yang lembut membuat banyak orang memilih kucing sebagai hewan peliharaan. Tapi sebagian pemelihara justru salah dalam perawatannya. Kucing ternyata tidak boleh diberi makanan manusia. Kenapa?

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dilansir Antara, Kamis (26/2/2015), hewan peliharaan kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan manusia sehingga ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memberinya makan. Jadi, memberikan makanan manusia pada kucing, misalnya nasi adalah sebuah kesalahan besar.

Ekspedisi Mudik 2024

Dokter hewan Yosefin Lingga mengatakan jangan memberi makanan yang biasa disantap manusia pada hewan peliharaan kucing. “Berikan makanan khusus kucing,” kata dia di sebuah kafe kucing di Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Dia menjelaskan kucing adalah karnivora sehingga asupan gizi yang dibutuhkan pun berbeda dengan manusia. Makanan manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi para kucing. Ikan mentah juga tidak boleh asal diberikan untuk makanan kucing karena daging mentah memiliki kemungkinan mengandung toksoplasma.

Yosefin, pemilik kafe kucing Cutie Cats Lia Kurtz juga mengatakan bahwa protein yang dibutuhkan kucing jauh lebih tinggi dari manusia. Oleh karena itu, di kafe kucing miliknya para pengunjung dilarang memberikan makanan untuk kucing kecuali snack khusus yang telah disediakan.

Demi mencegah gangguan kucing terhadap pengunjung yang ingin makan, dia sengaja hanya menyiapkan menu yang tidak begitu menggiurkan binatang peliharaan itu. Lia mengatakan kucing tidak begitu menikmati rasa manis sehingga kafenya pun menyediakan makanan-makanan kecil seperti kue agar pengunjung dapat makan dengan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya