HEWAN PELIHARAAN : Ini Info Belanja di Pasar Depok bagi Penggemar Ikan Hias...
Ilustrasi Pasar Ikan (A. Nindya Paramita/ JIBI/Solopos.com)

Solopos.com, SOLO – Sejak dipindahkan dari kawasan Pasar Gede Solo, awal 2014, para pedagang ikan hias di Taman Pasar Burung dan Ikan Hias Depok belum merasa omzetnya pulih. Akankah hal itu disebabkan belum familiernya warga Soloraya atas pasar baru hewan peliharaan itu?

Solopos.com, kali ini, memberikan panduan bagi para pencinta hewan peliharaan untuk berbelanja ikan hias di Pasar Ikan Hias Depok. Mungkin membaca paparan berikut ini membuat Anda lebih familier dengan Taman Pasar Burung dan Ikan Hias Depok, Manahan, Solo, Jawa Tengah itu.

Penggemar ikan hias di wilayah Soloraya yang ingin membeli kebutuhan akuarium dan isinya layak berkunjunglah ke tempat ini. Para pelanggan dari para pedagang ikan hias di Pasar Gede, kini memang harus datang ke Pasar Ikan Hias Depok untuk memenuhi kebutuhan hobi mereka. Sebagian besar pedagang ikan hias di pasar Depok memang pedagang pindahan dari Pasar Gede.

Bagi para penggemar ikan hias, pedagang ikan hias di pasar baru itu menawarkan beraneka macam kebutuhannya. Mulai dari akuarium, batu, pompa air, kapas filter, pakan ikan, lampu, hiasan akuarium, tentu beraneka jenis ikan hias dijual. “Harga jual akuarium bervariatif tentu sesuai dengan ukurannya, mulai dari harga Rp6.000 hingga Rp300.000,” ungkap Repto, 38, seorang pedagang ikan hias, saat ditemui Solopos.com, Sabtu (9/8/2014).

Berdasarkan wawancara Solopos.com dengan sejumlah pedagang di Pasar Ikan Hias Depok, harga jual kebutuhan sebagian besar pedagang sama, tidak akan jauh berbeda. Pakan ikan dibanderol dengan label harga mulai Rp1.000 sampai Rp50.000, kapas filter dijual dengan harga mulai dari Rp4.000 sampai Rp6.000. Selain itu untuk hiasanya mulai seperti patung tebing, patung orang, atau hiasan dijual dengan harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp20.000.

Batu-batu dari ukuran kecil hingga besar dan beraneka jenis dijual dengan harga mulai dari Rp2.000 hingga Rp10.000. Pompa air pun dijual mulai dari Rp25.000 hingga Rp1 juta. Soal jenis-jenis ikan hias yang dijual antara pedagang yang satu dengan yang lain hanya ada sedikit perbedaan.

Selain itu, di Pasar Ikan Hias Depok terdapat dua pedagang yang menawarkan aquascape. Aquascape merupakan seni menghias akuarium, seperti taman dalam akuarium yang menggunakan tanaman yang hidup khusus di akuarium. Ditemui Solopos.com,  Jumat (8/8/2014), Dhavid Sena, 22, mengungkapkan di kios miliknya khusus menyediakan kebutuhan untuk aquscape.

Pedagang lainnya adalah Repto, 38. Saat ditemui Solopos.com, di waktu yang berbeda, Sabtu (9/8/2014), ia mengungkapkan hanya  membuat aquascape bila ada permintaan pesanan saja. Beda dengan Dhavid yang memang fokus pada usaha aquascape dan sudah menjualnya sampai ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Harga yang ditawarkan keduanya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (A.Nindya Paramita/JIBI/Solopos)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom