Hercules TNI AU Kirim 12 Ton Sembako untuk Korban Semeru

12 Ton sembako itu bantuan dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Ketum Dharma Pertiwi dan Ketum PIA Ardhya Garini.

 Sejumlah personel TNI Angkatan Udara menata bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/HO-Dispenau)

SOLOPOS.COM - Sejumlah personel TNI Angkatan Udara menata bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/HO-Dispenau)

Solopos.com, LUMAJANG — Bantuan terus berdatangan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Satu pesawat C-130 Hercules milik TNI Angkatan Udara mengirimkan 12 ton bantuan, Selasa (7/12/2021).

Pesawat yang dipiloti Kapten Pnb Mikko dan Lettu Pnb Adam itu terbang melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

PromosiDijual Rp1,5 Miliar/Kg, Gaharu Sudah Jadi Upeti Sejak Era Sriwijaya

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah, saat meninjau loading Bansos di Lanud Halim Perdanakusma Jakarta, mengatakan, 12 ton sembako itu bantuan dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Ketum Dharma Pertiwi dan Ketum PIA Ardhya Garini.

“Hari ini TNI AU menerbangkan satu pesawat C-130 Hercules membawa 12 ton bantuan berupa barang yang sifatnya mendesak dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Indan dalam siaran persnya yang dikutip Antara.

Pesawat C-130 Hercules A-1318 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta itu terbang menuju Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Baca Juga: Pasutri Korban Semeru Bertemu setelah 24 Jam Terpisah Tanpa Komunikasi 

Setibanya di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Bansos langsung didistribusikan ke sejumlah posko-posko pengungsian yang ada di Kabupaten Lumajang.

Bansos yang dikirim itu berupa makanan siap saji, sembako, obat-obatan, tenda pengungsi, kasur, selimut, karpet dan sejumlah perlengkapan lainnya yang dibutuhkan warga di lokasi pengungsian.

Partai Demokrat mendirikan posko medis di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga korban letusan Gunung Semeru.

“Posko medis itu terdiri dari lima dokter, tiga tenaga medis, dan dua tenaga operasional,” kata Kepala Badan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat DPP Partai Demokrat, Ali Muhammad Suharli, sebagaimana dikutip dari siaran resmi partai, Selasa.

“Biasanya H+3 hingga H+5 setelah bencana akan muncul kasus-kasus seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), diare, dan pneumonia,” kata dia.

Ia menyampaikan tim medis tiba di lokasi bencana, Senin (6/12/2021), dan langsung memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Selasa.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Merapi & 2 Gunung Lain Siaga 

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP telah dikerahkan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru.

“Sejak Minggu (5/12/2021), Baguna PDIP telah bergotong-royong, membantu evakuasi pengungsi, pembuatan dapur umum, hingga bantuan selimut, masker dan obat-obatan,” kata Hasto dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Baguna PDIP Provinsi Jatim memimpin tanggap darurat dengan dibantu Baguna dari DPC Lumajang, Surabaya, dan pada Selasa ini diperkuat dengan DPC Malang, Jember, dan Banyuwangi.

Guna mengoordinasikan penanganan bencana, lanjut Hasto, Ketua Umum Partai Megawati Soekarnoputri menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadar Restu untuk memimpin gerak Baguna di dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Sejarah Tugu Lilin, Dibangun di Solo setelah Gagal di Beberapa Kota

Sebelum dibangun di Solo, Tugu Lilin gagal dibangun di beberapa kota seperti Batavia, Surabaya, dan Semarang.

10 Berita Terpopuler: Kecelakaan Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Ulasan tentang kecelakaan lalu lintas di Jl. Solo-Semarang tepatnya Karanggondang, Penggung, Boyolali, Kamis (19/5/2022) pukul 14.15 WIB menjadi berita terpopuler di Solopos.com Jumat (20/5/2022).

20 Mei Hari Kebangkitan Nasional, Mengapa Tidak Tanggal Merah?

Berdasarkan Kepres No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bukan tanggal merah atau hari libur nasional

Selamat Harkitnas! Begini Sejarah 20 Mei Jadi Hari Kebangkitan Nasional

20 Mei sebenarnya merupakan hari lahirnya sebuah organisasai bernama Boedi Oetomo atau Budi Utomo pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Media Jangan Telan Mentah-Mentah Hasil Survei

Pengamat politik Rocky Gerung mengkritik media yang menelan mentah-mentah hasil survei termasuk tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi.

Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 20 Mei.

2 Survei Kepuasan Jokowi Jauh Beda, Rocky: Surveyor Sedang Cari Remah

Rocky Gerung menyoroti dua hasil survei terhadap tingkat kepuasan Presiden Jokowi yang saling bertolak belakang padahal dirilis hampir bersamaan.

Kenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik abagi pelanggan 3.000 volt ampere (VA) disesalkan pelaku industri yang tengah berjuang untuk bangkit setelah dihajar pandemi Covid-19.

Kompolnas: Briptu Tajir HSB Lakukan Kejahatan Korporasi

Albertus Wahyurudhanto mengatakan kasus penambangan emas ilegal, baju bekas, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat oknum Polri Briptu HSB merupakan kejahatan korporasi.

Akun Medsos Pejabat Singapura Diserbu Pendukung UAS

Hal itu merupakan buntut dari deportasi yang dilakukan Singapura terhadap UAS pada Senin (16/5/2022) lalu.

Fahri Hamzah: Pejabat Singapura Idap Islamphobia

Fahri Hamzah menilai pejabat Singapura mengidap  islamophobia lantaran menolak Ustaz Abdul Somad (UAS) masuk ke negara tersebut, beberapa hari lalu.

Kejagung Segera Tangkap Semua Tersangka Mafia Minyak Goreng

Febrie menyebutkan tersangka Lin Che Wei sempat membagikan uang hasil kejahatan mafia minyak goreng ke sejumlah pihak.

Dicap Halu, Yusuf Mansur: Saya Sedang Mengajari Bangsa Ini Bermimpi

Yusuf Mansur mengatakan, dirinya sedang mengajari bangsa Indonesia bermimpi agar mencapai taraf kehidupan yang lebih baik. 

Tampil di Youtube Anak, Yusuf Mansur Sebut Dirinya Asal Ngomong

Yusuf Mansur mengaku dirinya bukan orang yang pandai, karenanya ia tidak banyak berpikir tapi banyak bertindak.

Menteri Muhadjir Sarankan UAS Jaga Lisan Agar Tak Diusir Singapura

Muhadjir Effendy menyarankan UAS untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain.