SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (31/1/2021). (Solopos/Bonny Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo heran dengan kerusakan drainase di Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, yang teramat sering terjadi.

Kepala DPUPR SUkoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan sudah berulang kali membenahi penutup saluran air di tengah underpass. Namun belum genap sebulan dibenahi, kondisinya rusak lagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Sudah tidak bisa dihitung lagi rusaknya berapa kali. Saking sering rusak. Sebulan kemarin baru saja kita perbaiki, ini rusak lagi," kata Bowo kepada Solopos.com, Selasa (2/2/2021).

Bowo mengaku tidak tahu pasti penyebab kerusakan berulang pada penutup drainase Underpass Makamhaji. Dia mengatakan kerusakan paling sering terjadi pada bagian klep penutup saluran air.

Baca juga: Besi Penutup Drainase Underpass Makamhaji Sering Hilang, Digondol Siapa?

Hilang Dicuri

Selain itu pada beberapa kasus besi penutup saluran air hilang dicuri orang tak bertanggung jawab. Padahal penutup saluran air underpass Makamhaji itu bagian fasilitas umum masyarakat. Sehingga harus dirawat bersama bukan justru dicuri.

"Perbaikan selama ini dikerjakan oleh kami. Padahal dari segi status pengelolaan, underpass Makamhaji masih wewenang pemerintah pusat. Belum diserahkan kepada Pemkab Sukoharjo," katanya.

Ihwal besaran anggaran perbaikan, Bowo tidak mengetahui secara pasti. Anggaran perbaikan penutup saluran air underpass yang rusak dan hilang diambilkan dari pos belanja pemeliharaan jalan dan jembatan.

Minimal dalam setahun pihaknya bisa memperbaiki penutup saluran air di tengah underpass Makamhaji lebih dari 10 kali.

Baca juga: 4 Tahun Berlalu, Eks Karyawan BKD Sukoharjo Belum Terima Gaji & Pesangon

Kerusakan Drainase Underpass Makamhaji

Kerusakan drainase merupakan satu dari sekian hal yang dikeluhkan warga terkait kondisi Underpass Makamhaji. Selain saluran air, kondisi jalan yang berlubang juga sering dikeluhkan karena membahayakan pengendara, apalagi saat hujan deras.

Warga setempat berharap pemerintah segera memperbaiki kerusakan tersebut, khususnya drainase yang menyebabkan kemacetan.

Kawasan underpass Makamhaji juga tergenang air saat hujan deras belum lama ini. Kondisi underpass Makamhaji yang kerap menuai protes warga ini merupakan masalah lama dan klasik yang hingga kini belum juga terselesaikan.

Baca juga: Cinta Suprapto & Sri Si Peri Penunggu Waduk Lalung Karanganyar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya