Hepatitis Akut Mengintai, DKK Sukoharjo: Tetap Tenang dan Berhati-hati

Masyarakat agar dapat melakukan tindakan pencegahan infeksi dengan mencuci tangan, meminum air bersih yang matang, makan makanan yang bersih dan matang penuh, dan lainnya.

 Ilustrasi urgensi kewaspadaan mencegah hepatitis akut dan parah pada anak-anak dengan perilaku hidup bersih dan sehat. (Antaranews.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi urgensi kewaspadaan mencegah hepatitis akut dan parah pada anak-anak dengan perilaku hidup bersih dan sehat. (Antaranews.com)

Solopos.com, SUKOHARJO – Hepatitis akut pada anak menjadi perhatian baru seiring melandainya kasus Covid-19 pasca-Lebaran 2022. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, mengimbau masyarakat tetap tenang dan berhati-hati.

“Kasus hepatitis akut di Sukoharjo sampai saat ini belum ada, masyarakat tetap tenang dan berhati-hati. Imbauan untuk sekolah yang melaksanakan PTM [Pembelajaran Tatap Muka] tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap laksanakan PHBS [Perilaku Hidup Bersih dan Sehat],” jelasnya kepada Solopos.com, Senin (16/5/2022) malam.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dia mengatakan masyarakat agar dapat melakukan tindakan pencegahan infeksi dengan mencuci tangan, meminum air bersih yang matang, makan makanan yang bersih dan matang penuh, membuang tinja dan atau popok sekali pakai pada tempatnya, menggunakan alat makan sendiri-sendiri, memakai masker dan menjaga jarak.

Tak hanya itu, masyarakat diminta mendeteksi secara dini. Jika warga menemukan anak-anak dengan gejala-gejala seperti kuning, mual/muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran/kejang, lesu, demam tinggi, diharapkan dapat memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Diberitakan sebelumnya, Yunia kepada Solopos.com, Minggu (15/5/2022), mengatakan indikasi pasien hepatitis akut belum ditemukan di Sukoharjo. Meski begitu, RSUD Ir Soekarno Sukoharjo siap memberikan layanan seandainya ada kasus.

Baca juga: Cegah Penularan Hepatitis Akut di Sekolah, Disdik Sukoharjo Lakukan Ini

“Kami siap kalau ada rujukan ke sini baik itu rujukan dari puskesmas, klinik, ataupun dokter mandiri. Kami ada dokter anak, dokter penyakit dalam, dan lainnya untuk sisi sumber daya manusianya dan juga ada laboratorium,” katanya.

Ia menyebut ada beberapa pemeriksaan yang belum dapat dilakukan untuk penanganan kasus hepatitis akut di RSUD Ir Soekarno Sukoharjo. Namun Yunia mengatakan sudah berkomunikasi dengan laboratorium yang mampu melakukan pemeriksaan untuk pengujian rujukan sampel.

Kamar Perawatan Siap

Sementara terkait obat-obatan, Yunia mengaku sudah mempersiapkan hal itu. Tak hanya itu, berkaitan dengan tata laksana kasus termasuk kesiapan fisik atau kamar untuk perawatan juga telah siap.

”Kami sudah mempersiapkan kamar tersebut, seperti fasilitas tempat tidur, seandainya ada kebutuhan ICU, kebutuhan untuk ruang isolasi kami sudah siapkan. Jumlah total ada 54 tempat tidur,” ungkap Yunia.

Baca juga: Detik-Detik KA Batara Kresna Tabrak Mobil di Nguter Sukoharjo

Menurutnya, sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab hepatitis akut. Penyebabnya bukan berasal dari virus hepatitis A, B, C, D, dan E. ”Hepatitis akut ini beda dengan hepatitis A, B, C, D, dan E. Kalau hepatitis baru saat ini kan unknown origin,” jelasnya.

Sementara itu, berkaitan dengan hepatitis akut yang menyerang anak-anak, Kepala Dinas Pendidikan Sukoharjo, Darno, meminta sekolah menerapkan perilaku hidup sehat. Darno mengatakan belum ada surat edaran khusus kepada sekolah terkait hepatitis akut.

Namun ia menyebut telah ada surat edaran khusus dari Sekretaris Daerah Provinsi Jateng terkait kewaspadaan terhadap kasus hepatitis akut. Darno mengatakan sekolah sudah diminta menerapkan perilaku hidup sehat sesuai surat edaran tersebut.

Baca juga: Siswa SMP di Sukoharjo Bikin Eco Enzyme untuk Netralkan Limbah Ciu

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).