SOLOPOS.COM - Ilustrasi kaki selonjoran di dasbor mobil. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Jika kamu, anak kamu, atau siapa pun punya kebiasaan selonjoran kaki di dasbor mobil saat menempuh perjalanan, hentikan kebiasaan itu sekarang karena ternyata sangat berbahaya. Berikut ini penjelasannya.

Bagi sebagian orang yang kerap duduk di bangku penumpang depan saat berpergian menggunakan mobil pribadi, mungkin punya kebiasaan meletakkan kaki ke atas dasbor. Tujuannya untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun meski terasa nyaman, posisi ini ternyata sangat berbahaya. Penumpang dengan posisi tersebut, dapat mengalami cedera berat apabila mobil yang dikendarai mengalami kecelakaan.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

 

Menghalangi airbag

Seperti dikutip laman Sinarmas dari Hyundai Indonesia, airbag akan mengembang dengan cepat saat mobil mengalami benturan. Hal ini berkaitan dengan fitur keselamatan yang disematkan di dalam mobil. Memerlukan tenaga yang cukup besar untuk mengembang, sebuah ledakan mikro akan terjadi saat airbag mengembang keluar.

Bila tidak ada obyek apapun yang menghalangi dasbor, maka fitur keselamatan dapat berfungsi dengan baik dan melindungi penumpang dari benturan keras. Bila ada objek di bagian dasbor seperti kaki yang diselonjorkan, maka kejadian fatal bisa terjadi saat airbag mengembang.

Kekuatan airbag akan mendorong kaki melawan arah engsel lutut. Karena itu, kaki penumpang bisa mengalami deformasi yang sangat berbahaya.

 

Jangan letakkan barang di dasbor

Selain itu, kaki yang diletakkan di dasbor membuat badan tidak terlalu tertahan meskipun menggunakan sabuk pengaman. Badan bisa saja terpeleset dan masuk ke bagian bawah dasbor, hal ini sangatlah berbahaya.

Selain kaki, meletakkan barang di bagian airbag juga tidak direkomendasikan. Obyek yang diletakkan bisa terpental ketika airbag mengembang dan malah mencederai penumpang yang di bagian depan.

Meskipun airbag merupakan perangkat keselamatan yang sudah sangat umum, penumpang dan pengemudi mobil juga harus memperhatikan beberapa hal penting.

Jadi tetaplah bijak dalam berkendara dan utamakan keselamatan. Jika ingin meluruskan kaki, lebih baik menggeser kursi ke belakang untuk memaksimalkan ruang kaki agar lebih nyaman.

Walaupun menghindari terjadinya kecelakaan adalah wajib bagi seluruh pengendara, namun ada baiknya apabila kamu memiliki persiapan agar apabila terjadi hal tidak diinginkan yang tidak dapat dihindarkan maka risiko yang dialami bisa diminimalisasi.

Cara meminimalisasi risiko saat kecelakaan terjadi cukup mudah, seperti memastikan airbag bisa mengembang dengan baik, safety belt berfungsi dengan benar, dan fitur-fitur keselamatan lainnya dalam mobil bisa berfungsi secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya