SOLOPOS.COM - Gombloh, sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi di Kulon Progo. (Jalu Rahman Dewantara/Harian Jogja)

Solopos.com, KULON PROGO – Gombloh, sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo, untuk penerima bantuan di Kulonprogo sempat mengamuk dan nyaris kabur.  Insiden tersebut terjadi sesaat sebelum sapi jenis simental itu hendak diserahterimakan, Kamis (30/7/2020).

Acara serah terima itu dilakukan Bupati Kulonprogo, Sutedjo, dan takmir Masjid Al-Iman, Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang selaku penerima bantuan. Acara digelar di kompleks rumah dinas bupati.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Panitia Penerimaan dan Penyaluran Hewan Kurban Kulonprogo, Jazil Ambar, membenarkan insiden tersebut. Ia menerangkan sapi seberat 930 kg itu awalnya diikat di pohon pule dan cemara yang berlokasi di halaman rumah dinas bupati.

Bodinya Molek! Alica Schmidt Tak Suka Punya Gelar Atlet Terseksi 

Pihaknya kemudian hendak memindahkan sapi itu ke tempat yang lebih teduh. Namun, sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi itu ngamuk hingga tali pengikatnya terlepas.

"Niatnya kan mau kami pindah ke tempat yang lebih teduh, tapi ternyata malah ngamuk, sampe lepas dan menjebol pohon cemara,"  kata Ambar kepada awak media, di sela penyerahan hewan kurban di halaman rumah dinas bupati, Kamis sore.

Lari ke Belakang

Gombloh kemudian berjalan ke belakang rumah dinas bupati. Di tempat itu, Gombloh berhasil dijinakkan oleh panitia dibantu pawang. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Gombloh dibiarkan di situ sampai penyerahan bantuan selesai.

"Jadi malah kita buatkan kandang baru di belakang rumah dinas," ujarnya.

Kisah Suroto Magelang, 10 Tahun Kurung Diri di Kamar Sejak Erupsi Merapi Tak Pernah Mandi 

Meski sempat diwarnai insiden, prosesi penyerahan bantuan itu tetap berlanjut. Hanya saja, prosesi penyerahan sapi kurban Jokowi yang sempat ngamuk dilakukan di belakang rumah dinas bupati.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengaku tidak melihat langsung insiden tersebut karena terjadi sebelum kegiatan penyerahan bantuan dimulai.

Gombloh Sapi Kurban Jokowi Jenis Simmental dari Bantul Harga-nya Rp87 Juta

"Tadi saya baru rapat di dewan [DPRD Kulonprogo] jadi gatau, tapi memang sapi ini besar dan kuat ya, tadi lihat kan pas lagi penyerahan nyundul-nyundul kandang," ujarnya.

 

Bupati Kulonprogo, Sutedjo saat menyerahkan Gombloh, sapi sumbangan dari Presiden Jokowi, kepada penerima bantuan di belakang Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Kamis (30/7/2020). (Jalu Rahman Dewantara/Harian Jogja)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya