SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL- Calon Kepala Desa Palbapang Bantul Ris Iriyani meninggal dunia. Padahal ia dijadwalkan dilantik sebagai Kepala Desa Palbapang pada 3 April mendatang.

Ris Iriyani meninggal pada Minggu (19/1/2014) malam sekitar pukul 23.00 WIB akibat menderita kanker payudara stadium IV. Kolega Ris Iriyani, Agus Effensi mengatakan, rekannya diketahui sudah mengidap penyakit mematikan itu lebih dari setahun. Namun ia tetap mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Palbapang pada 2013 lalu.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Dalam Pemilihan Kepala Desa yang berlangsung 15 Desember 2013, Ris Iriyani menang mutlak setelah melawan kotak kosong. Ris Iriyani merupakan calon incumbent, sebab saat ini ia sudah menjabat sebagai Kepala Desa Palbapang.

Kepala Sub Bagian Perangkat Desa Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Bantul Afif Umhatun mengatakan, akibat kematian Ris, alhasil pelantikan batal dilakukan.

Mau tak mau, Desa Palbapang harus kembali mengadakan Pilkades ulang untuk memilih Kepala Desa yang baru. Namun pelaksanaan Pilkades tak dapat digelar tahun ini.

Sebab, berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) seluruh daerah di Indonesia dilarang menggelar Pilkades pada 2014 lantaran bertepatan dengan tahun Pemilu.

Pilkades menurut Afif paling cepat digelar pada 2015 mendatang. Untuk mengisi jabatan kosong Kepala Desa Palbapang, Pemkab akan mengangkat pelaksana harian (Plh) sementara. “Plh bisa dari carik desa, kecamatan atau dari kabupaten,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya