SOLOPOS.COM - Warga berkumpul untuk menyaksikan proses penyelamatan dua pelajar yang terseret banjir di Kali Branjang, Sokoliman di Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo. Rabu (30/11/2022). - Foto istimewa Pemerintah Kalurahan Bejiharjo

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Dua siswa SMK terseret arus di Kali Branjang di Sokoliman, Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (30/11/2022) pagi.

Jogoboyo Bejiharjo, Ariyanto, mengatakan dua siswa yang terseret arus sungai bernama Muhammad Ardian, warga Ponjong, dan Ari Herlambang, warga Kalurahan Jatiayu, Karangmojo. Keduanya merupakan siswa di SMK Negeri 2 Wonosari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dua siswa tersebut terseret arus sungai pada saat akan menyeberang Jembatan Sokoliman yang kondisinya sedang banjir karena hujan deras sejak Rabu dini hari.

Kejadian itu bermula saat dua siswa itu hendak berangkat sekolah bersama-sama. Saat itu, Muhammad menghampiri ari di rumahnya di jatiayu.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Ariyanto, kedua siswa itu tidak begitu hafal kondisi jalan tersebut karena jembatan tergenang.

Baca Juga: Bangun Rest Area di Exit Toll Jogja-Solo, Pemerintah Siapkan Lahan 9 Hektare

Selain itu, kedua siswa juga terburu-buru ke sekolah karena ada acara yang harus diikuti.

“Jadi nekat menyeberang, tapi tidak tahunya jalan lebih rendah dari jembatan sehingga keduanya terseret bersama motor yang ditunggangi,” kata dia.

Saat terseret arus banjir, kedua siswa ini berpegangan pohon kayu putih yang banyak tumbuh di sekitar lokasi. Warga yang melihat kejadian itu langsung melaporkan ke pemeirntah kalurahan.

Warga yang datang bersama tim sukarelawan pun melakukan upaya pertolongan dengan menggunakan tali serta jaket pelampung. Kedua siswa itu akhirnya berhasil diselamatkan beserta sepeda motor yang dikendarai.

Baca Juga: Nilai UMK Sleman Dipastikan Lebih Tinggi dari UMP Yogyakarta

“Berhubung ada seorang yang lemas, maka dibawa ke rumah sakit untuk pengecekan kesehatan lebih lanjut,” katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi membenarkan adanya dua siswa yang hanyut di Kali Branjang, Sokoliman di Kalurahan Bejiharjo. Meski demikian, ia memastikan kedua korban dapat diselamatkan oleh tim dari BPBD bersama dengan para relawan.

“Sudah bisa dievakuasi dari banjir,” katanya.

Dia berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Hal ini dibutuhkan guna mengurangi risiko dari hal-hal yang tak diinginkan.

“Kalau ada banjir jangan nekat melintas. Mending cari jalan lain untuk keselamatan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Nekat Menyeberang Jembatan di Gunungkidul, 2 Pelajar Terseret Banjir. Ini Penampakannya…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya