SOLOPOS.COM - Ilustrasi sel darah merah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Obat yang dipergunakan untuk terapi gangguan pembekuan sel darah merah, Hemgenix, menjadi obat termahal di dunia lantaran harganya mencapai US$3,5 juta atau Rp52 miliar. Wow! Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Food and Drug Administration atau FDA memberikan izin edar pada Hemgenix, pengobatan IV untuk orang dewasa dengan hemofilia B, bentuk kelainan genetik yang kurang umum yang terutama menyerang pria.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembuat obat CSL Behring, yang berbasis di Pennsylvania, mengumumkan label harga US$3,5 juta tak lama setelah persetujuan FDA, dengan mengatakan bahwa obatnya pada akhirnya akan mengurangi biaya perawatan kesehatan karena pasien akan mengalami lebih sedikit pendarahan dan membutuhkan perawatan pembekuan yang lebih sedikit.

Baca Juga: Dokter: Semua Penyakit Anak Berisiko Sebabkan Gagal Ginjal Akut

Menurut sebuah penelitian yang dikutip oleh National Library of Medicine, harga tersebut menjadikan Hemgenix obat termahal di dunia, melampaui terapi gen Zolgensma Novartis untuk atrofi otot tulang belakang (SMA), yang harganya sekitar US$2 juta per dosis.

Seperti kebanyakan obat-obatan di Amerika Serikat, sebagian besar biaya pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, bukan pasien, termasuk program swasta dan program pemerintah. Setelah beberapa dekade penelitian, terapi gen telah mulai membentuk kembali pengobatan kanker dan penyakit langka yang diturunkan dengan obat-obatan yang dapat memodifikasi atau memperbaiki mutasi yang tertanam dalam kode genetik manusia.

Hemgenix adalah pengobatan pertama untuk hemofilia dan beberapa pembuat obat lain sedang mengerjakan terapi gen untuk bentuk gangguan yang lebih umum, hemofilia A.

Baca Juga: Dosen Farmasi UNS Beberkan 4 Cara Mudah Memastikan Keamanan Obat

“Persetujuan hari ini memberikan pilihan pengobatan baru untuk pasien dengan hemofilia B dan merupakan kemajuan penting dalam pengembangan terapi inovatif,” kata Dr. Peter Marks dari FDA dilansir dari CBS News dan Bisnis.com pada Minggu (27/11/2022). Agensi tidak merinci berapa lama obat itu bekerja. Tapi CSL Behring mengatakan obat akan mengurangi perdarahan dan peningkatan pembekuan darah selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Tips Memakai Toilet Umum yang Kotor agar Terhindar dari Penyakit

FDA menyetujui Hemgenix yang menjadi obat termahal di dunia itu berdasarkan keamanan dan efektivitas yang dievaluasi dalam dua penelitian terhadap sekitar 60 pria dewasa. Efek samping yang paling umum termasuk enzim hati yang tinggi, sakit kepala, gejala mirip flu dan reaksi terkait infus ringan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Dia Obat Termahal di Dunia, Harganya Rp52 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya