Ilustrasi helm. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Helm merupakan alat perlindungan untuk pengendara sepeda motor dari kecelakaan. Ada dua jenis helm yang dijual di pasaran, yakni helm full face dan helm half face. Lantas, manakah jenis helm yang lebih aman dipakai?

Selama ini, sejumlah orang beranggapan helm full face melindungi kepala lebih baik ketimbang half face. Wajar saja, helm ini menutup seluruh bagian kepala. Jika masih belum percaya, simak ulasan tentang helm full face berikut:

Dikutip dari Detik, Sabtu (12/10/2019), berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar kecelakaan menghantam wilayah dagu dengan prosentase 34,6 persen. Sementara ada kemungkinan 10 persen cedera di wilayah wajah lainnya, yakni mata dan hitung.

Jika dilihat dari angka tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa helm full face lebih mampu melindungi kepala dan meminimalisasi risiko cedera saat kecelakaan terjadi. Selain itu, kualitas interior helm full face jauh lebih baik ketimbang half face.

Meski demikian, bodi helm full face yang lebih berat membuat sebagian orang kurang nyaman. Mereka enggan memakai helm tersebut dan lebih memilih helm half face yang lebih simpel dipakai. Selain itu, helm half face juga punya model yang lebih trendi, sehingga disukai banyak orang.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten