SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pacitan, Wasi Prayitno (tengah) bersama panitia Hello Pacitan 2016 saat memberikan keterangan kepada wartawan di Pantai Pancer Door, Selasa (16/8/2016) sore. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Hello Pacitan, sedikitnya 34 peselancar dari berbagai negara akan bertanding di ajang Hello Pacitan 2016.

Madiunpos.com, PACITAN — Sedikitnya 34 peselancar dari berbagai negara akan bertanding di ajang Asian Surfing Championships (ASC) di Pantai Pancer Door Pacitan. ASC merupakan salah satu rangkaian acara di Hello Pacitan 2016 Flaming of the Sea yang diselenggarakan mulai Rabu-Sabtu (17/20/8/2016).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat ini yang sudah mendaftar untuk ikut kompetisi selancar internasional tersebut sebanyak 34 orang dari berbagai negara, antara lain Thailand, Jepang, Argentina, Amerika Serikat, Australia, Taiwan, Korea Selatan, Kanada, Prancis, dan Indonesia. Peselancar dari Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut sebanyak lima orang.  Jumlah peserta ini diprediksi akan terus bertambah pada saat acara berlangsung.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pacitan, Wasi Prayitno, mengatakan persiapan sudah dilakukan panitia untuk menyambut peselancar terbaik dari berbagai negara. Masing-masing peserta akan beradu ketangkasan dalam menaklukan ombak dengan papan selancar untuk menjadi yang terbaik.

“Ombak besar, tinggi, menggulung, dan panjang menyerupai barrel dan pipa akan memberikan pengalaman terbaik bagi peselancar maupun penonton yang menyaksikan,” kata dia kepada wartawan saat jumpa pers di Pantai Pancer Door, Selasa (16/8/2016) sore.

Wasi menyampaikan selain kompetisi selancar, dalam Hello Pacitan 2016 juga akan diselenggarakan berbagai agenda yang tidak kalah menarik, seperti Pacitan Geopark Fair, Costum Fun Run 5K, dan Make it Bright Environment Friendlly Program.

Untuk Pacitan Geopark Fair, kata dia, yaitu untuk memperkenalkan produk yang dimiliki olej pelaku industri kecil dan menengah, selain itu juga pameran kuliner tradisional serta pertunjukan seni dan budaya. Kegiatan Costum Fun Run 5K yang akan berlangsung pada tanggal 21 Agustus 2016 yaitu peserta akan berlari mengikuti jalur yang telah disiapkan oleh panitia dengan berkeliling Pacitan menggunakan kostum yang bertema kemerdekaan.

Sedangkan untuk Make it Bright Environment Friendly Program yaitu kegiatan untuk merangsang kesadaran masyarakat dan kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan pantai di Pacitan. “Setiap orang yang ikut acara ini akan diajak untuk membersihkan area pantai dengan sukarela. Harapannya, pantai akan menjadi tempat wisata yang bukan hanya indah namun juga bersih, sehingga meningkatkan kenyamanan pengunjung yang ada,” terang dia.

Rangkaian program ini merupakan kerja sama lintas kementerian dan lembaga. Kementerian dan lembaga negara yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UMKM, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sedangkan untuk BUMN yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Pertamina, Perusahaan Gas Negara, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya