Helikopter TNI AD Oleng Sebelum Jatuh di Kendal, 3 Orang Lompat ke Tambak
Helikopter tipe Mi17 yang diduga milik TNI AD terbang rendah di atas Tol Semarang-Batang sebelum jatuh di Kawasan Industri Kendal, Sabtu (6/6/2020). (Solopos.com-Rini Yustiningsih)

Solopos.com, JAKARTA -- Helikopter MI17 milik TNI AD dengan nomor registrasi 5 HA 5141 sempat terlihat oleng sebelum jatuh di Kawasan Industri Kendal (KIK), Wonorejo, Kaliwungu, Kendal. Keterangan tersebut disampaikan Johana, salah seorang saksi mata.

Dalam keterangan resmi Kapolres Kendal, Sabtu (6/6/2020), saksi mata bernama Johana Satiya Putra mengatakan helikopter terbang dari timur ke barat. Saksi melihat helikopter sudah dalam kondisi oleng dan mengeluarkan asap.

4 Meninggal, Helikopter TNI AD yang Jatuh di Kendal Sedang Latihan Terbang

"Sebelum heli terjatuh ada 3 orang lompat ke tambak, dan sesaat kemudian pesawat jatuh keluar asap dan selanjutnya meledak. Pada saat sebelum meledak sempat dikeluarkan 3 orang," ujar Johana, dikutip dari keterangan resmi (6/6/2020).

Selanjutnya, sebanyak 5 orang penumpang helikopter TNI AD yang jatuh itu di evakuasi ke RSUD Soewondo Kendal. Sedangkan 1 orang meninggal dunia di rumah sakit. Sementara 1 orang lainnya dijemput menggunakan helikopter penerbad, dan 3 orang meninggal dunia karena terbakar.

Menegangkan! Penumpang Keluar Saat Helikopter TNI AD Meledak di Kendal

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, helikopter jenis MI 17 v 5 HA 5141 yang jatuh tersebut merupakan milik Penerbad TNI AD Semarang. Helikopter memulai penerbangan pada pukul 12.39 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut 4 orang meninggal dunia, 5 orang luka-luka, dan 1 helikopter berjenis MI 17 v 5 HA 5141 terbakar.

Lagi! 2 Tenaga Kesehatan Puskesmas Solo Positif Covid-19, Warga Diminta Jujur

Berikut nama dan kondisi 9 penumpang helikopter milik penerbad TNI-AD yang jatuh di Kendal itu:
- Kapten Cpn Kadek (MD)
- Kapten Cpn Fredi (MD)
- Kapten Cpn Y Hendro (MD)
- Lettu Cpn Wisnu (MD)
- Lettu Cpn Vira Yudha (luka bakar)
- Praka Nanang (luka bakar Dada, perut, kaki kanan betis)
- Praka Rofiq (patah pinggul kanan, paha kiri-kanan)
- Praka Supriyanto (luka bakar)
- Praka Andi K (selamat)

Latihan Terbang

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Nefra Firdaus, dalam rilis yang diterima Solopos.com menjelaskan kronologi helikopter jatuh di Kendal. Helikopter tersebut merupakan tipe MI-17 dengan nomor registrasi HA 5141 itu. Helikopter tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah.

Awas! 80% Pembawa Virus Corona di Indonesia Tanpa Gejala Covid-19

Latihan tersebut sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1. Helikopter itu dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang hingga akhirnya jatuh di Kendal.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho