HELIKOPTER PAKISTAN JATUH : Inilah Komunikasi Terakhir Heri Listiyawati dan Anaknya di Jogja

HELIKOPTER PAKISTAN JATUH : Inilah Komunikasi Terakhir Heri Listiyawati dan Anaknya di Jogja

SOLOPOS.COM - Peta lokasi kecelakaan helikopter di Pakistan (Aljazeera)

Helikopter Pakistan jatuh dan membuat istri Dubes RI untuk Pakistan, Heri Listiyawati, meninggal dunia.

Solopos.com, JOGJA -- Indonesia kehilangan Heri Listiyawati, istri Duta Besar RI untuk Pakistan Burhan Muhammad, yang tewas dalam kecelakaan helikopter di daerah Gilgit, Baltistan, Pakistan, Jumat (8/5/2015), pukul 11.45 waktu setempat. Dua hari sebelumnya, almarhumah sempat menanyakan kabar putra sulungnya di Jogja.

Heri Listiyawati dan Burhan Muhammad memiliki dua orang anak, yakni Pittra Amrullah, 18, dan Yoga Sulistiyo Burhan, 16. Pittra mengaku baru mendengar kabar duka ibunya Jumat, sore, dari bibi dan neneknya.

Awalnya Pittra belum percaya dengan kabar tersebut. Sebab, mahasiswa semester II Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini, baru komunikasi dengan ibunya, dua hari sebelum kecelakaan. "Dua hari sebelumnya komunikasi lewat Facebook nanya kabar," ungkap dia di rumahnya di Jalan KH Agus Salim, Notoprajan, Ngampilan, Jogja, Sabtu (9/5/2015).

Namun akhirnya Pittra percaya setelah mendengar kabar langsung dari adiknya Yoga yang tinggal di Pakistan. Ia juga selalu mendapat perkembangan ayahnya dari Yoga.

Diketahui dalam kecelakaan helikopter yang membawa Dubes RI dan belasan dubes negara-negara asing itu, Burhan juga terluka namun kondisinya, kemarin dikabarkan sudah sadar.

Rohmi Affiati, 48, adik ipar almarhumah mengatakan bahwa Heri Listiyawati selama ini dikenal baik, sederhana, ramah. Korban juga aktif dalam berbagai kegiatan di masyarakat diluar tugas pokoknya mengajar di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM).

Rohmi komunikasi dengan Burhan saat Burhan pulang ke Indonesia dalam acara Konferensi Asia Afrika (KAA). Setelah itu burhan berangkat lagi ke Pakistan. "Bu Lilis dan putranya sudah di Pakistan duluan," ujar dia.

Rohmi baru mendengar kabar duka itu dari kakak keduanya Khilma (Dubes RI di Bahrain). Setelah itu baru ada pemberitahuan peristiwa itu dari kementrian luar negeri RI. Ia belum tahu kapan jenazah kakak iparnya itu dibawa ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat mengunjungi rumah duka, Sabtu (9/5/2015) malam, mengatakan pemerintah tengah berupaya memulangkan jenazah Heri dari Pakistan secepatnya. Saat ini pemerintah RI terus berkomunikasi dengan KBRI dan Dubes Pakistan yang ada di Indonesia.

Menurut Retno Marsudi, jenazah korban sudah sampai di Islamabad, Pakistan, Sabtu pagi. Kementrian Luar Negeri juga sudah mengirimkan tim penjemput untuk membantu kepulangan jenazah. "Dari pemerintah berusaha yang terbaik. Yang dapat kami lakukan bantu kepulangan," katanya.

Ia enggan menjelaskan saat ditanya penyebab kecelakaan helikopter yang ditumpangi korban. Retno Marsudi juga enggan menjawab saat ditanya spekulasi penyebab kecelakaan yang merenggut sahabat dekatnya tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

300 Ulama Meninggal akibat Terpapar Covid-19

Ada lima kabupaten yang melaporkan munculnya klaster tarawih yakni Brebes, Sukoharjo, Sragen, Pati, dan Purbalingga.

Manfaatkan Momen Ramadan dan Lebaran, Pameran UMKM Soloraya Digiatkan

Geliat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Soloraya menunjukkan tren positif setelah terdampak pandemi Covid-19.

Sasar Objek Wisata, Babinsa Bulu Sukoharjo Kampanyekan 5M

Koramil 03/Bulu Kodim 0726/Sukoharjo bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Bulu terus melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan berupa 5M.

20.000 Pemudik Tiba di Karanganyar, Bupati: Mereka Pandai Cari Waktu Pulang

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyebut para pemudik yang tiba di Bumi Intanpari sebelum Lebaran 2021 pandai mencari waktu pulang.

Sidak Pasar Tumpah Sragen: Parkir Motor dan Oprokan di Bahu Jalan Bikin Macet

Pasar tumpah di sejumlah lokasi Kabupaten Sragen mengakibatkan kemacetan karena pedagang oprokan dan parkir kendaraan bermotor di bahu jalan.

Lebaran Virtual, ShopeePay Bagikan 4 Ide THR Unik dan Berkesan untuk Orang Tersayang

ShopeePay sediakan beragam produk dan layanan digital sebagai inspirasi THR Lebaran

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar, mengatakan pilihan membatasi jemaah tak bisa dilakukan sebab kapasitas maksimal masjid 250.000 orang dan 10 Persen dari jumlah itu masih terlalu banyak.

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

GEMBIRA, Rahasia Kak Seto Bisa Parkour di Usia 70 Tahun

Di usia nyaris 70 tahun, Kak Seto masih sanggup parkour.

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.