Heboh Tarif Candi Borobudur Rp750.000, Sandiaga Uno Buka Suara

Sandiaga Uno mengimbau agar pembahasan tentang rencana kenaikan harga tiket Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, tidak menimbulkan perpecahan.

 Wisatawan menikmati Candi Borobudur dengan panorama Bukit Menoreh di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Jatengprov.go.id)

SOLOPOS.COM - Wisatawan menikmati Candi Borobudur dengan panorama Bukit Menoreh di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Jatengprov.go.id)

Solopos.com, JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau masyarakat agar pembahasan tentang Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, tidak menimbulkan perpecahan.

Hal ini mengingat rencana kenaikan harga tiket atau tarif di kawasan tersebut untuk wisatawan nusantara (wisnus) senilai Rp750.000, wisatawan mancanegara (wisman) 100 dolar AS atau sekira Rp1,4 juta, serta kalangan pelajar atau grup study tour sekolah sebesar Rp5.000 yang menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Kita boleh mengungkapkan pendapat kita di media sosial maupun media mainstream, tapi kita harus bijak. Borobudur merupakan ikon dari sejarah, kita harus betul-betul menjaga sebagai bagian dari keutuhan kesatuan dan keutuhan,” ujar Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing yang dipantau secara virtual di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Tiket Borobudur Rp750.000, Rakyat Kecil sampai Meninggal pun Tak Mampu

Kebijakan tiket khusus itu, kata Sandiaga Uno, hanya bagi wisatawan yang berkeinginan untuk naik bangunan Candi Borobudur dan diterapkan melalui sistem reservasi online. Adanya kritik dari berbagai kalangan terkait ketentuan harga yang dianggap mahal, lanjutnya, akan dipertimbangkan oleh pemerintah.

Evaluasi terhadap ketetapan harga khusus tiket Candi Borobudur, ujar Sandiaga Uno, akan dilakukan menimbang keadaan ekonomi masyarakat dalam keadaan yang berat, biaya hidup semakin tinggi, dan harga-harga bahan pokok, pangan, maupun energi merangkak naik.

“Kami akan melakukan langkah-langkah strategis setelah mendapatkan masukan begitu banyak dari para netizen, para ahli, dunia usaha, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, ahli budaya, tokoh-tokoh agama, dan tokoh-tokoh masyarakat,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga: Heboh Tarif Candi Borobudur Rp750.000, Ketua MPR Minta Dibahas Lagi

Meskipun terjadi pro kontra di masyarakat terkait penetapan harga khusus tiket Candi Borobudur, Menparekraf meyakini minat wisatawan untuk berkunjung ke Borobudur tidak akan menurun.

Beberapa alasan yang melatarbelakangi pernyataan tersebut ialah adanya dukungan infrastruktur, mulai dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta, jalan tol, Balai Ekonomi Desa (Balkondes), desa-desa wisata, Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta), dan homestay untuk mendukung pengembangan kawasan Borobudur.

“Kehadiran Borobudur untuk memberikan manfaat bagi ekonomi, sosial dan segala lini kehidupan masyarakat tentunya akan menjadi prioritas dan konsideran utama pemerintah dalam mengambil kebijakan,” ucap Sandiaga Uno.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Dewasa ini gas air mata dipakai aparat untuk membubarkan massa yang berpotensi menimbulkan keributan seperti saat terjadi demonstrasi. Jauh sebelum itu, gas air mata pernah dipakai sebagai salah satu kelengkapan persenjataan dalam Perang Dunia I.

      Berita Terkini

      Gempa Tapanuli Utara, BNPB: 962 Rumah Rusak, 1 Orang Meninggal

      BNPB menyebutkan bahwa gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.0 yang mengguncang Tapanuli Utara, Sumatera Utara telah menyebabkan 962 rumah rusak.

      PBNU akan Beri Santunan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan di Malang

      PBNU akan memberikan santunan kepada keluarga korban tragedi kerusuhan pertandingan sepakbola Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jatim.

      Tragedi Kanjuruhan, Kapolri: Mabes Polri Investigasi Penyelenggaraan-Pengamanan

      Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan tim gabungan Mabes Polri sedang melakukan investigasi proses penyelenggaraan dan pengamanan terkait tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

      Dukacita Mengalir dari Dubes Inggris dan Rusia untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

      Duta Besar Inggris dan Rusia untuk Indonesia menyampaikan belasungkawa atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

      UTP Solo Gelar Rektor Cup 2022 Kali Pertama, Peserta Melebihi Target Panitia

      Untuk kali pertama, UTP Solo mengadakan Rektor Cup 2022.

      Cerita Reva Juru Masak Proyek Jalan Trans Papua Selamat dari Serangan KKB

      Seorang perempuan, Dewi Manise atau akrab disapa Reva, 28, yang bekerja sebagai juru masak ditemukan selamat dari insiden pembantaian yang dilakukan KKB terhadap pekerja proyek Jalan Trans Papua Barat.

      Dosen ISBI Aceh dan ISI Solo Rayakan Pengakuan UNESCO atas Gamelan

      Dosen ISBI Aceh dan ISI Solo mengadakan kolaborasi seni untuk merayakan pengakuan UNESCO atas gamelan.

      Data Korban Tragedi Kanjuruhan Versi DVI Polri, 125 Orang Meninggal

      Tim DVI Polri mencatat data sementara jumlah korban meninggal dunia dalam tragedi kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur sebanyak 125 orang.

      Lemkapi: Intelijen Kecolongan, Propam Audit Investigasi Tragedi Kanjuruhan

      Lemkapi meminta Div Propam Polri untuk melakukan audit investigasi pengamanan tragedi kerusuhan pertandingan sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

      Tragedi Kanjuruhan: Polri Kirim Tim DVI & Dokter RS Bhayangkara ke Malang

      Kapolri memberangkatkan Tim DVI Mabes Polri dan dokter RS Bhayangkara Malang, Kediri, dan Surabaya ke Malang guna mempercepat identifikasi korban dan pelayanan kesehatan kepada korban luka.

      Gas Air Mata, Penyebab Tragedi Stadion Nasional Peru, Kini Kanjuruhan

      Tragedi penembakan gas air mata yang menyebabkan jatuhnya ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022), pernah terjadi di Lima, Peru yang mengakibatkan 328 orang tewas.

      Kompolnas akan Supervisi dan Evaluasi Tragedi Kerusuhan Kanjuruhan Malang

      Kompolnas akan melakukan supervisi dan evaluasi tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur mulai dari persiapan pertandingan, antisipasi, dan pengamanan pertandingan sepak bola.

      Bela Polisi Malang, Menkopolhukam: Kalau Ndak Pakai Gas Air Mata Kewalahan

      Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. memberikan pembelaan atas tindakan polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan suporter yang beringas.

      2 Kesalahan Besar Panpel Arema FC Vs Persebaya Versi Menkopolhukam Mahfud Md

      Panitia pertandingan Arema FC vs Persebaya melakukan dua kesalahan fatal yang akhirnya menjadi pemicu kerusuhan terbesar kedua dalam sejarah sepak bola di dunia itu.

      Profil AH Nasution Jenderal yang Selamat dari Peristiwa G30S/PKI

      Berikut ini Solopos.com rangkumkan profil Abdul Harris Nasution Jenderal TNI yang selamat dari peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan G30S/PKI.

      Gugatan Ditolak PTUN, Eks Pegawai KPK Segera Ajukan Banding 

      Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta menolak dua gugatan mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait tes wawasan kebangsaan (TWK).