SOLOPOS.COM - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat memamerkan menyantap masakan padang, rendang, yang diunggah di akun Instagram-nya. (Instagram @khofifah.ip)

Solopos.com, SURABAYA — Jagat media sosial (medsos) baru-baru ini dihebohkan dengan adanya usaha kuliner yang menjadi ciri khas masakan padang, yakni rendang berbahan daging babi. Menanggapi kabar adanya rendang berbahan daging babi ini, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, pun buka suara.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim itu mengaku tak ragu memakan rendang daging sapi masakan padang karena selama ini dikenal lezat dan halal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selalu merasa ada yang kurang kalau dalam sebulan tak menyantap masakan padang. Apalagi ikannya rendang dan ayam pop,” ujar Khofifah usai menyantap masakan padang di sebuah rumah makan di Surabaya, Sabtu (11/6/2022).

Gubernur Khofifah juga menanggapi terkait kehebohan informasi rendang babi di media sosial. Jagat media sosial dihebohkan tentang adanya usaha kuliner khas Minangkabau yang menjual rendang berbahan daging babi di Jakarta.

Pemilik usaha kuliner nasi padang babi, Babiambo, mengaku pada awalnya usaha kuliner tersebut didirikan lantaran mencoba mengambil peluang dengan memadukan kuliner khas Padang dengan daging babi.

Baca juga: Khofifah Minta Pengusaha di Jatim Bayar THR Pekerja Penuh & Tepat Waktu

Sang pemilik usaha kuliner telah meminta maaf atas polemik tersebut.

Menurut Khofifah, masakan padang atau Minang selama ini terkenal nikmat serta halal sehingga jika ada rendang berbahan baku nonhalal atau daging babi, tentu akan merusak citra masakan khas Sumatra Barat tersebut.

“Minang memang terkenal dengan kulinernya yang halal. Jadi, tidak ada sedikit pun keraguan setiap kali menyantap masakan padang di mana dan kapan pun,” ucap mantan Menteri Sosial tersebut.

Sementara itu, momen menyantap makanan khas padang diunggahnya di akun Instagram pribadinya, @khofifah.ip.

Baca juga: Kuliner Nusantara Mendunia, Indonesia Kampanye Rendang Goes to Europe

Dalam unggahannya tersebut, Khofifah memuji rendang yang menurutnya paling mantap disantap dengan nasi putih hangat, lalapan pucuk daun singkong, sayur nangka dan sambal hijau.

Selain rendang, Khofifah juga mengaku menggemari ayam pop yang punya cita rasa gurih dengan sedikit sensasi asam. “Kalau sudah tersaji, nikmat nasi padang mana yang kau dustakan?,” tulis Khofifah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya