Heboh Rencana Fatwa Haram PUBG, Rudiantara Tunggu Sikap MUI

Sebelumnya, India telah dilarang di beberapa wilayah di India karena dianggap membahayakan moral dan mental generasi muda.

Heboh Rencana Fatwa Haram PUBG, Rudiantara Tunggu Sikap MUI

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar dari gim PUBG Mobile. (Bisnis/Dhiany Nadya Utami)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan pemerintah menunggu rekomendasi dari berbagai pihak, termasuk Majelis Ulama Indonesia, sebelum mengambil sikap terkait gim PlayerUnknown’s Battleground.

Kemenkominfo memilih sikap menunggu sehingga nasib gim tersebut dipertanyakan di Indonesia. “Kita tunggu koordinasi [dari] beberapa pihak, salah satunya MUI yang pertama kali mengangkat kasus ini,” ujar Rudiantara di Kupang, Selasa (26/3).

Seperti diketahui, belakangan ini ramai diberitakan mengenai fatwa haram gim PUBG setelah adanya asumsi yang mengatakan bahwa pelaku penembakan massal di masjid Al-Noor, Christchurch, Selandia Baru. Penembakan di lokasi tersebut dikabarkan terinspirasi dari gim yang memiliki jumlah pengguna harian sebanyak 30 juta orang tersebut.

Sebelumnya, India telah dilarang di beberapa wilayah di India karena dianggap membahayakan moral dan mental generasi muda. Di India, pernyataan terkait dengan bahaya kecanduan PUBG dinyatakan langsung oleh Perdana Menteri Narendra Modi. “Tidak berbeda dengan hal-hal lainnya, teknologi datang bersama dengan dampak positif dan negatif,” ujar Modi seperti dikutip Reuters, pekan lalu.

Namun demikian, Rudiantara mengaku dirinya tidak mengetahui apakah pada akhirnya gim yang tengah fenomenal tersebut akan dilarang atau tidak.

Seperti diketahui, pada 2019 ini Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang mulai membuka diri terhadap dunia gim. Salah satunya dengan diselenggarakannya Piala Presiden E-Sport beberapa waktu lalu.

Adapun, acara tersebut didukung oleh beberapa pihak seperti Kementerian Sekretariat Negara, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Berita Terkait

Berita Terkini

Dua Harimau Ragunan Tertular Corona dari Siapa?

Ada kemungkinan kedua satwa itu tertular dari pasien orang tanpa gejala (OTG).

Ulama Golkar: Saatnya Pak Airlangga Jadi Presiden

Sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kemampuan Airlangga untuk memimpin Indonesia tidak perlu diragukan lagi.

Perawat RSUD Bung Karno Solo Tengah Hamil 7 Bulan Meninggal Positif Covid-19, Begini Kronologinya

Perawat RSUD Bung Karno Solo meninggal dunia dalam kondisi hamil tujuh bulan dan terkonfirmasi positif virus coron, Minggu (1/8/2021).

Pemindahan Pasien Covid-19 Klaten ke Donohudan

47 Warga Klaten Sembuh Setelah Menjalani Isolasi di Donohudan Warga terkonfirmasi positif Covid-19 diantar menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (1/8/2021).

Spesifikasi Realme GT Master Explorer, Ponsel Mewah yang Terinspirasi dari Koper

Realme GT Master Explorer hadir dengan spesifikasi gahar dan desain menarik yang terinspirasi dari bentuk koper.

Kepatuhan Lapor SPT Pajak di Kanwil DJP Jateng Capai 77,58%

Tingkat kepatuhan penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan tahun pajak 2020 di lingkup Kantor Kanwil DJP Jawa Tengah II mencapai 77,58%.

Pedagang Berjualan di Ruang Isolasi Covid-19, Rumah Sakit Mengaku Kecolongan

Saat pedagang masuk petugas rumah sakit RSU Manado Medical Center disibukkan dengan peningkatan pasien Covid-19.

Mantap Lur! Ada 20.000 Dosis untuk Vaksinasi Suporter Persis Solo

Sebanyak 20.000 dosis vaksin Covid-19 bakal didistribusikan dalam program vaksinasi suporter Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, 14 Agustus 2021.

Innalillahi, Perawat RSUD Bung Karno Solo Yang Tengah Hamil Meninggal Positif Corona

Seorang perawat RSUD Bung Karno Solo yang tengah hamil meninggal setelah terkonfirmasi positif virus corona.

Bikin Miris, Varian Delta Telah Menyebar ke Hampir Seluruh Pelosok Indonesia

Laporan tersebut patut menjadi perhatian bersama mengingat potensi penularan varian baru corona di Indonesia masih sangat tinggi.

Duh, Minta Sertifikat Vaksinasi, Mahasiswa Malah Kena Bogem Satpam GBK

korban sempat diintimidasi untuk tidak melaporkan kasus ini ke aparat kepolisian. 

Sopir Truk Bermuatan Susu Meninggal Mendadak di Jalan Tol Sragen

Sopir truk bermuatan susu Sukamto, 42, warga Salatiga, meninggal mendadak dalam perjalan di jalan tol, tepatnya di km 544 B, Sambungmacan, Sragen.