Ilustrasi (Solopos - Whisnu Paksa Kridangkara)

Solopos.com, JAKARTA -- Media sosial heboh dengan beredarnya daftar biaya sekolah Taman Kanak-kanak (TK) di DKI Jakarta 2020 yang mayoritas diisi oleh sekolah internasional dengan tarif mencapai ratusan juta rupiah.

Diunggah oleh pengelola akun Instagram @jouska_id, Senin (9/12/2019), dua di antara sekolah tersebut adalah Australian Independent School yang mematok biaya SPP Tahunan Rp169 juta ditambah uang administasi Rp9.450.000. Kemudian, Jakarta International School menetapkan SPP Tahunan sebesar Rp353 juta dan uang pangkal Rp22 juta.

Siswa SMP Hasanudin 5 Semarang Tewas Tenggelam di Curug Gondoriyo

"Selama datang di Jakarta. Silakan pilih sekolah kesayangan buat anak Ayah & Bunda," tulis akun @jouska_id.

Namun dalam unggahan itu, masih ada dua sekolah yang mempunyai tarif di bawah Rp20 juta, yakni Yayasan Iman, Pengharapan dan Kasih (Ipeka) dan Lazuardi Cordova.

Istri yang Dibakar Suaminya Minta agar Pelaku Dihukum Berat

Ipeka dalam data itu disebut menetapkan uang pangkal sebesar Rp15 juta, SPP bulanan Rp1.950.000, dan uang tahunan Rp600.000. Sementara Lazuardi Cordova tertulis menetapkan uang pangkal Rp15,488 juta, SPP Bulanan Rp1.180.000, dan uang tahunan Rp825.000.

Unggahan @jouska_id tersebut membuat netizen ramai. Banyak netizen yang tak percaya dengan biaya sekolah yang mencapai ratusan juta tersebut. Bahkan, salah satu netizen pengguna akun @dmsbyudana mengaku takut untuk menikah.

Total Ganti Rugi Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja Capai Rp4 Triliun, Kapan Dibayar?

"YaAllah!! Ampe nyebut liatnya...ada gak yah yang grgr lias post ini, mikir-mikir lagi buat nikah," katanya.

Selain itu, ada juga netizen pengguna akun @calvinctct menyentil pemerintah dengan mahalnya pendidikan di ibukota.

"Yang harusnya dikontrol harganya ma pemerintah itu biaya pendidikan sama kesehatan! Bukannya ojol [ojek online]," bebernya.

Mahasiswa Kediri Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Netizen pengguna akun @ypurnamasari bahkan terheran-heran biaya TK di Jakarta lebih mahal dengan biaya kuliahnya. "Ginjalku bergetar ketika harga TK lebih mahal daripada kuliahku."

 

View this post on Instagram

 

Selamat datang di Jakarta. Silakan pilih sekolah kesayangan buat anak Ayah & Bunda..

A post shared by Jouska Indonesia (@jouska_id) on


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten