Heboh Beda Mudik dan Pulang Kampung, Ivan Lanin: Makna Kata Bukan di Kamus, Tanya Pada Politikus!

Solopos.com, SOLO — Pernyataan Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang menegaskan mudik dan pulang kampung beda makna memicu beragam reaksi dari berbagai kalangan.

Di tengah hebohnya hal tersebut, aktivis yang giat mengampanyekan penggunaan bahasa Indonesia, Ivan Lanin, mengutip kicauan lamanya di Twitter yang menyentil tentang makna kata.

Ngeri! Parkiran Masjid Ini Jadi Kamar Mayat Korban Corona

Pada kicauan tertanggal 4 April 2020, Ivan Lanin menyebut maka kata bukan ada di kamus, namun harus dinyatakan kepada politikus.

"Pemaknaan kata tidak perlu dicari dalam kamus. Cukup tanyakan kepada politikus," tulisnya di akun @ivanlanin.

Meski tak menyinggung nama Jokowi dan beda makna antara mudik dan pulang kampung, Ivan Lanin menyebut kicauannya itu benar-benar terjadi saat ini.

"Benar kata saya, kan? Kita tunggu saja peraturan perundang-undangan yang menegaskan perbedaan makna istilah. Jangan bilang saya belum mengingatkan, ya," lanjut pendiri Narabahasa itu, Kamis (23/4/2020).

Viral Buka Bra saat Live IG, 3 Siswi SMA Ditangkap Polisi

Kicauan Ivan Lanin itu kemudian ramai ditanggapi warganet. Banyak yang menganggap kicauan Ivan memang terkait dengan pernyataan sang presiden.

Sebelumnya, Jokowi menyebut mudik dan pulang kampung beda makna. Menurutnya, mudik adalah kegiatan pulang ke kampung halaman saat menjelang Lebaran. Sedangkan pulang kampung, menurutnya, bisa kapan saja.

Arti kata mudik
Arti kata mudik di KBBI (kbbi.kemendikbud.go.id).
arti pulang kampung
Arti pulang kampung di KBBI (kbbi.kemendikbud.go.id).

Padahal di Kamus Besar Bahasa Indonesia daring milik Kemendikbud, mudik dan pulang kampung memiliki arti sama. Dalam KBBI milik Kemendikbud, mudik dimaknai pulang ke kampung halaman, sedangkan pulang kampung bermakna kembali ke kampung halaman atau mudik.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom