SOLOPOS.COM - Situs KBBI daring down (kbbi.kemendikbud.go.id).

Solopos.com, SOLO — Setelah Presiden Jokowi menyebut arti mudik dan pulang kampung berbeda, Rabu (22/4/2020), masyarakat penasaran dengan makna sebenarnya dua hal tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Ketika Solopos.com telusuri di situs KBBI daring milik Kemendikbud terkait arti mudik dan pulang kampung, didapatkan arti sebagai berikut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Viral! Ini Pernyataan Lengkap Prabowo Subianto Soal Kesaksiannya Jadi Menteri Jokowi

1. Pulang Kampung

 

arti pulang kampung
Arti pulang kampung di KBBI (kbbi.kemendikbud.go.id).

Arti yang muncul adalah kembali ke kampung halaman atau mudik. KBBI mencontohkan dengan kalimat "Dia -- kampung setelah tidak lagi bekerja di kota."

Heboh Beda Mudik dan Pulang Kampung, Ivan Lanin: Makna Kata Bukan di Kamus, Tanya Pada Politikus!

2. Mudik

Arti kata mudik
Arti kata mudik di KBBI (kbbi.kemendikbud.go.id).

Berarti kata kerja (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman). Selain itu, pulang ke kampung halaman. KBBI mencontohkan dengan kalimat, "Seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang --."

Round Up Covid-19 Sukoharjo: Total Ada 19 Kasus, Masih Terbanyak di Soloraya

Namun, pada Kamis (23/4/2020), pukul 10.30 WIB, laman KBBI daring milik Kemendikbud di kbbi.kemendikbud.go.id down alias galat. Dan terdapat tulisan yang berbunyi, "Terjadi Kesalahan Terjadi Suatu Keselaahan pada waktu permintaan Anda sedang diproses."

Laman KBBI online tersebut tak bisa mencari arti suatu kata, termasuk perbedaan mudik dan pulang kampung versi KBBI. Namun setelah beberapa saat, pada Kamis (23/4/2020) pukul 12.30 WIB, pencarian kata di KBBI daring kembali normal

Kata Jokowi Arus Keluar Jakarta Kemarin Bukan Mudik, Tapi Pulang Kampung

Mudik & Pulang Kampung Versi Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan pulang kampung dan mudik memiliki arti yang berbeda. Hal tersebut dia ungkap ketika disinggung arus keluar warga Jabodetabek sebelum adanya larangan mudik.

Menurut Jokowi, hal tersebut bukanlah mudik, melainkan pulang kampung. Maka dari itu, arti mudik dan pulang kampung bagi Jokowi memiliki makna yang berbeda.

Round Up Corona Sragen: 1 PDP Meninggal Lagi-RS Darurat Beroperasi

"Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung," ujar Jokowi dalam wawancara eksklusif Najwa Shihab di acara Mata Najwa Trans7, Rabu (22/4/2020) malam.

Menurut Jokowi, pulang kampung berbeda dengan mudik. Jokowi mengatakan mudik dilakukan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Berusia 5 Abad, Mushaf Alquran Peninggalan Kesultanan Demak Dipamerkan di Masjid Al Falah Sragen

"Apa bedanya?" tanya Najwa.

"Kalau mudik itu terkait hari Lebarannya. Kalau pulang kampung itu bekerja di Jakarta pulang ke kampung," jelas Jokowi.

1 Lagi PDP Terkait Covid-19 Sragen Meninggal dan 1 Lainnya Dirujuk ke Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya