SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Warga Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), tengah dihebohkan dengan penemuan puluhan bangkai kambing yang dibuang di sekitar Jembatan Kali Serang, Selasa (21/6/2022). Total ada sekitar 50 bangkai kambing yang dibuang di Kali Serang, Kabupaten Semarang itu.

Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika, membenarkan adanya laporan masyarakat terkait penemuan puluhan bangkai kambing di sekitar Jembatan Kali Serang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang itu. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penyakit Kuku dan Mulut (Satgas PKM) wilayah setempat untuk menyelidiki apakah bangkai kambing itu sengaja dibuang karena menderita PMK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebut sekitar 50 bangkai kambing itu ditemukan warga tersangkut di antara bebatuan di Kali Serang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Selasa. “Sudah dievakuasi dan dikubur sesuai dengan protokol yang berlaku,” jelasnya.

Yovan mengaku belum mengetahui pelaku yang membuang puluhan bangkai kambing tersebut. Meski demikian, ada dugaan pelaku pembuang 50 bangkai kambing itu bukan berasal dari wilayah sekitar.

Hal ini diketahui berdasarkan keterangan warga yang menyebut tidak adanya peternakan kambing di wilayah Kecamatan Susukan dan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Baca juga: Kisah Misteri: Bangkai Anak Kambing Mirip Manusia Gegerkan Malaysia

Selain itu, puluhan bangkai kambing itu diduga kuat berasal dari peternakan. Hal itu menyusul ditemukannya bekas kode atau tanda pada telinga tiap bangkai kambing yang dibuang tersebut.

Kapolres Semarang meminta kepada seluruh masyarakat yang memiliki hewan ternak mati akibat penyakit segera melapor ke Satgas Penyakit Mulut dan Kuku agar segera dilakukan penanganan sesuai prosedur. Ia dengan tegas meminta masyarakat untuk tidak membuang hewan ternak yang sudah mati secara sembarangan, terlebih di aliran sungai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya