SOLOPOS.COM - Ilustrasi (setkab.go.id)

Ilustrasi (setkab.go.id)

DENPASAR – Sebanyak 13 pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 4 Denpasar, Bali berhasil diterima di sejumlah universitas ternama di mancanegara dengan proses seleksi cukup ketat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mereka sudah lolos melalui pengumuman yang kami terima dan pelajar yang bersangkutan sudah mengetahuinya,” kata Kepala SMAN 4 Denpasar, Wayan Rika di Denpasar, Rabu. Menurut dia, 13 pelajar tersebut diterima di universitas di Prancis sebanyak dua orang, Australia (2), Selandia Baru (5), Jerman (2), Singapura (1), dan Belanda (1). “Mereka lolos dan mendapatkan beasiswa penuh dan sebagian beasiswa tidak penuh,” tambahnya.

Namun Rika tidak menyebutkan nama-nama perguruan tinggi mancanegara yang menerima anak didiknya itu. Akan tetapi Dia memastikan nama-nama universitas bergengsi itu telah dipegang oleh para pelajar. Sebagian besar para pelajar alumni sekolah yang selalu menelurkan pelajar berprestasi itu memilih jurusan bisnis di sejumlah universitas di negara-negara tersebut.

Hingga tahun 2013, salah satu sekolah unggulan di Pulau Dewata tersebut telah menjalin kerja sama dengan sejumlah negara untuk pertukaran pelajar di antaranya Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Singapura, India, Jerman, dan Amerika Serikat. “Kerja sama itu akan terus berlanjut karena berlaku selama tiga tahun dna akan diperbaharui,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa selama menjalin kerja sama dengan sejumlah institusi pendidikan mancanegara, pelajar akan menerima manfaat tak hanya akademis namun juga keahlian sosial yang semakin terasah dan lebih terbuka.

Selain diterima di sejumlah universitas di beberapa negara, sebanyak 129 orang pelajar juga dipastikan telah diterima di sebelas perguruan tinggi di dalam negeri di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Institut Teknologi Bandung.

Sebagian besar para pelajar memilih jurusan kedokteran dan teknik untuk menempuh jenjang pendidikan strata satu di sejumlah universitas bergengsi itu. Mereka diterima berdasarkan seleksi ketat baik dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur mandiri, dan seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya