SOLOPOS.COM - Pertemuan Jokowi-Prabowo di Istana Bogor, Kamis (29/1/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Jika head to head hari ini, SMRC mengukur elektabilitas Jokowi (53,7%) unggul atas Prabowo Subianto (37,2%).

Solopos.com, JAKARTA — Joko Widodo (Jokowi) bisa kembali terpilih menjadi presiden jika Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar hari ini. Jika head to head, elektabilitas Jokowi mencapai 53,7% sedangkan Prabowo Subianto 37,2%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu terlihat dalam hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang mengukur elektabilitas para tokoh yang potensial maju di Pilpres 2019. Dalam pertanyaan terbuka (top of mind), bila Pilpres diadakan ketika survei dilakukan, 34,1% pemilih spontan mendukung Jokowi dan 17,2% lainnya mendukung Prabowo. Perbedaan elektabilitas keduanya cukup signifikan, yaitu 17%.

Ekspedisi Mudik 2024

“Perbedaan elektabilitas antara Jokowi dan Pabowo sekarang mirip dengan perbedaan elektabilitas SBY dengan Megawati pada 2007,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Jayadi Hanan, Kamis (8/6/2017), di kutip Solopos.com dari rilis di saifulmujani.com. Pada jarak waktu yang sama atau 2 tahun menjelang Pilres 2009, perbedaan elektabilitas keduanya sebesar 16%.

Sementara itu dalam simulasi head to head, Jokowi berpeluang menang. Elektabilitas Jokowi 53,7%, sementara Prabowo 37,2%, dan yang tidak menjawab 9,1%. Jarak antara keduanya sekitar 16.5%. Dari sisi pilihan presiden, politik Tanah Air relatif tidak mengalami perubahan pasca Pilkada DKI Jakarta. Baca juga: Indo Barometer: Elektabilitas Jokowi Ungguli Prabowo.

Survei ini dilakukan pada 14-20 Mei 2017 melibatkan 1.350 responden yang dipilih dengan teknik multistage random sampling dari total populasi nasional yang sudah memiliki hak pilih pada pemilihan umum, yakni mereka yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilaksanakan. Margin of error survei ini rata-rata +/- 2.5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Situasi serupa juga terjadi pada elektabulitas parpol pendukung. Dalam periode Januari dan Mei 2017, PDIP masih di posisi teratas (21,7%) dan disusul Gerindra (9,3%). Kedua partai ini mengalami kenaikan sekitar 4% dalam 5-6 bulan terakhir. Elektabilitas partai-partai lain masih berada di bawah elektabilitas Partai Demokrat (5,2%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya