SOLOPOS.COM - Ruas Jl. Slamet Riyadi dibuka dua arah, Solo, Rabu (19/2/2014). Jl. Kapten Mulyadi ditutup untuk memperingati haul Habib Ali Bin Muhammad Al Hasbyi selama tiga hari sehingga arus lalu lintas dialihkan ke Jl. Slamet Riyadi. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Sepuluh ribu pengunjung dari berbagai penjuru dunia bakal memadati rangkaian acara Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang ke 102. Acara yang digelar di kompleks Masjid Ar Riyadh itu menjadi agenda tahunan Pemkot Solo.

Ditemui Solopos.com Rabu (19/2/2014) Panitia haul, Irham Al Ansori memaparkan kegiatan dimulai sejak  Senin (10/2) hingga Jumat (20/2). Irham yang juga Takmir Masjid Ar Riyadh itu menuturkan pengunjung sudah mulai berdatangan sejak pekan lalu. “Sejak Senin (10/2) hingga Rabu (19/2) masjid menggelar pengajian yang dimulai sebelum Zuhur hingga sesudah Asar,” kata Irham.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Keluarga Habib Anis, Abdullah bin Abdul Qadir Assegaf mengatakan puncak acara Haul digelar Kamis (20/2) pukul 10.00 WIB. Puncak acara haul, kata Abdullah, dimulai dengan pembacaan sejarah kehidupan Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sesudah pembacaan sejarah habib, akan disampaikan tauziah oleh para ulama undangan. Mereka akan membahas permasalahan yang dihadapi saat ini. Tauziah rencananya selesai pada sore hari,” ujar Abdullah.

Kemudian pada Jumat (21/2) sesudah Subuh, akan dilaksanakan pembacaan Maulid Simtudurror, yakni buku mengenai sejarah Nabi Muhammad. “Buku ini sudah dipakai oleh umat Islam di seluruh dunia.”

Abdullah menambahkan usai pembacaan Maulid Simtudurror,  para peziarah akan kembali disuguhi tauziah oleh para ulama.

“Tauziahnya seputar keteladanan Nabi Muhammad SAW. Setelah itu mereka dijadwalkan untuk mengunjungi Makam Habib Muhammad Anis yang berada di samping Masjid Ar Riyadh. Habib Ali bin Muhammad Al Hasbyi merupakan kakek dari Habib Muhammad Anis,” katanya.

Abdullah menerangkan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Hasbyi setiap tahunnya selalu digelar dengan meriah. Selain mampu menyedot banyak peziarah, menurut Abdullah acara ini juga menjadi salah satu sumber pendapatan tahunan bagi warga.

“Tidak hanya warga sekitar, tapi juga pedagang dari seluruh Indonesia. Mereka berkumpul di sekitaran Masjid Ar Riyadh atau di sepanjang Jl. Kapten Mulyadi,” imbuhnya.

Ulama Manca Negara

Disebutkan Abdullah, beberapa ulama dari berbagai penjuru dunia sudah tiba di Solo sejak Senin (17/2). “Mereka ini yang nantinya akan memberikan tauziah kepada pengunjung,” kata dia. Abdullah menguraikan para tamu jauh itu berasal dari Madinah, Yaman, Singapura, Brunai, perwakilan Afrika serta Australia.

Rangkaian acara haul dijadwalkan selesai Jum’at (20/2) sore. Namun Abdul memperkirakan para pengunjung baru akan meninggalkan Kota Solo pada Sabtu (21/2) sore. “Untuk pedagang kemungkinan pada Minggu (21/2) baru akan kembali ke kota asalnya,” tambah Abdul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya