Haul Habib Ali Ditiadakan, Kapolresta Solo: Tidak Terkait Perizinan
Jemaah mengikuti acara peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di depan Masjid Ar Riyadh, Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (17/12/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang rencananya digelar di Masjid Riyadh, Solo, pada 5 Desember mendatang akhirnya ditiadakan. Hal itu dikarenakan status Kejadian Luar Biasa (KLB) dan masa pandemi virus Covid-19 yang belum berakhir.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, mengonfirmasi peringatan haul Habib Ali ditiadakan. Keputusan itu diambil panitia atau penyelenggara untuk menekan penyebaran virus corona. Peniadaan itu, sebut Kapolresta, tidak terkait dengan perizinan kepolisian.

“Langsung dari pihak penyelenggara mempertimbangkan pandemi, peringatan haul ditiadakan,” papar dia kepada wartawan, Selasa (24/11/2020).

Haul Habib Ali Ditiadakan, Hotel-Hotel Di Solo Gigit Jari

Menurutnya, penyelenggara memahami pentingnya menghindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan di tengah pandemi.

Sementara itu, tokoh masyarakat Pasar Kliwon, Abdullah AA,  saat dihubungi Solopos.com juga mengonfirmasi pembatalan acara rutin tahunan yang biasanya menghadirkan ribuan orang dari berbagai daerah tersebut. Ia juga mengatakan pamflet pemberitahuan soal peniadaan Haul Habib Ali ke-109 itu sudah disebar.

Abdullah membenarkan peniadaan acara itu semata-mata karena pandemi Covid-19. “Keluarga dari Habib Ali meniadakan haul, dikhawatirkan ada penyebaran virus corona di sini. Kami menaati aturan yang ada, insya Allah jadi kebaikan untuk ke depan,” papar Abdullah.

Haul Habib Ali Ditiadakan, Potensi Pendapatan Rp200 Miliar Menguap

Menurutnya, keluarga tetap melaksanakan peringatan haul, namun tidak untuk umum. Ia menjelaskan keluarga dan panitia sudah menginformasikan peniadaan acara haul ke seluruh jemaah melalui aplikasi perpesanan.

“Sudah menyebar pengumuman dari pihak keluarga ke grup-grup. Pihak keluarga juga sudah mengimbau dan meminta meneruskan pesan itu. Haul tetap diperingati, tetapi untuk pihak keluarga,” imbuh dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom