SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Siapa yang sangka stres yang dialami oleh orang lain ternyata bisa menular kepada Anda? Tapi itulah yang dikatakan oleh sebuah penelitian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Profesor Elaine Hatfield, psikolog dari Universitas Hawaii, mengklaim jika Anda duduk dengan seseorang yang selalu mengeluh di tempat kerja, maka Anda juga beresiko menangkap stres dan kecemasan dari orang tersebut.

Penelitian itu juga mengatakan stres bisa cepat beredar ketika Anda berada di lingkungan kantor. “Orang-orang sepertinya mampu meniru wajah orang lain, ekspresi vokal mereka, dan postur tubuh,” katanya seperti dikutip laman Mirror.

Sebagai konsekuensinya, orang akan bisa masuk dan merasakan kehidupan emosional orang lain. Studi ini juga menunjukkan bahwa seseorang bisa menjadi seperti spons yang efektif dan menyerap emosi yang dipancarkan oleh orang di sekitar mereka.

Ketika diri Anda mulai menyerap stres dari orang lain, maka Anda akan mulai fokus pada hal-hal di hidup Anda yang dianggap bermasalah.

Hatfield menemukan bahawa diri kita tidak hanya mengambil sikap negatif dari kolega, tapi juga mengikuti bahasa tubuh yang menunjukkan stres, seperti membungkukkan bahu atau cemberut ketika berbicara dengan mereka.

“Perempuan memiliki risiko lebih tinggi, karena mereka cenderung lebih memperhatikan perasaan orang lain,” kata Hatfield.

Tapi tak perlu khawatir, karena banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres, terutama yang berasal dari pekerjaan. Tak ada salahnya mengambil liburan dan lakukan relaksasi, agar pikiran lebih tenang.

Anda juga bisa melakukan olahraga yang menenangkan, seperti yoga. Dengan olahraga teratur, Anda akan memproduksi hormon endorfin yang bisa membuat hati lebih senang. (JIBI/Kabar24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya