Ilustrasi orang stres. (Freepik)

stresSolopos.com, SOLO – Stres merupakan gangguan mental yang patut diwaspadai. Stres dapat merusak kemampuan seseorang mengambil keputusan penting secara bijak.

Inilah yang menyebabkan seseorang perlu strategi mengelola stres agar dapat membuat keputusan yang tepat. Stres dalam bahasa Indonesia bisa dimaknai sebagai gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar alias ketegangan.

Berikut ini trik sederhana yang dapat dilakukan saat harus membuat keputusan di kala stres melanda. Trik sederhana itu, dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (7/11/2019) yang memuat pendapat Tyler Tervooren, seorang peneliti di bidang psikologi. Simak dan terapkan jika Anda yakin bermanfaat.

Jangan biarkan stres menguasai pikiran

Saat dilanda stres, seseorang cenderung dikuasai oleh emosinya sehingga menyebabkan dia lebih cepat marah. Apabila keadaan ini dibiarkan berlarut-larut tentu akan berbahaya bagi kehidupan. Orang yang dilanda stres tidak bisa berpikir secara jernih. Ia sering kali merasa amat tertekan dengan masalah yang dihadapinya.

Oleh karena itu, ketika sedang stres, jangan sekali-kali membuat keputusan. Jika seseorang nekat mengambil keputusan, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan di kemudian hari. Sekali lagi, jangan biarkan stres menguasai pikiran. Cobalah menenangkan diri sejenak sebelum mengambil suatu keputusan.

Istirahat 30 menit

Ketika sedang stres, seseorang cenderung lebih mudah menyerah pada keadaan. Untuk mengatasinya, bersantailah sejenak sambil menonton televisi, membaca buku, atau sekadar mendengarkan lagu yang dapat menenangkan pikiran.

Setelah merasa relaks, pikirkanlah kembali keputusan yang akan diambil. Jangan sampai keputusan itu menimbulkan masalah di kemudian hari.

Diskusi dengan teman

Kualitas hidup bergantung pada kemampuan seseorang dalam membuat pilihan. Ketika stres melanda, seseorang tidak mungkin bisa membuat pilihan yang tepat. Keadaan ini terkadang membuatnya harus bertanya atau berbagi cerita dengan teman yang dipercaya.

Berbagi cerita dengan teman akan membuat seseorang sedikit lebih relaks. Ia dapat melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang. Ketika pikiran sudah jernih, maka ia dapat memutuskan segala sesuatunya dengan lebih bijak.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten