SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/Reuters)

Harianjogja.com-Jika Anda selama ini berpikir bahwa hanya sepatu berhak tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan kaki dan punggung, Anda keliru. Sepatu datar atau flat shoes juga bisa berbahaya jika Anda tak memperhatikan bahannya.

Sepatu hak datar memiliki sol yang sangat tipis. Sehingga, alas kaki itu tak dapat menopang kaki dengan benar. Seharusnya pilihlah sepatu yang memiliki sol yang lembut dan mampu mendukung tumit.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Seperti dikutip dari Daily Mail, King College, London, melakukan studi dengan cara membandingkan antara sepatu flat dengan sepatu rocker. Sepatu rocker merupakan alas kaki yang memiliki lengkungan dengan sol yang tidak stabil. Sepatu jenis ini diklaim mampu membantu meningkatkan aktivitas otot, mengurangi nyeri punggung bawah dan memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan.

Penelitian tersebut diikuti oleh 115 responden yang merupakan orang dewasa, yang mengalami nyeri punggung kronis. Mereka pun diminta peneliti untuk memakai sepatu hak datar atau sepatu rocker setidaknya dua jam sehari, sambil berdiri dan berjalan.

Tak hanya itu saja, para partisipan juga menghadiri latihan dan program pendidikan sekali dalam seminggu, selama satu bulan dan mengenakan sepatu tersebut selama sesi ini.

Setelah enam bulan, lebih dari setengah partisipan yang mengenakan sepatu flat merasa sakit punggung mereka justru bertambah parah ketika mereka berdiri dan berjalan di awal penelitian. Sedangkan sepertiga responden sisanya yang mengenakan alas kaki rocker juga tak berbeda jauh dengan pengguna sepatu flat.

“Meskipun sepatu rocker telah disarankan untuk mengurangi instabilitas postural, namun penelitian kami menunjukkan bahwa penggunaan sepatu flat dengan sepatu rocker memiliki hasil nyeri yang sama,” ungkap Dr Sian MacRae, Physiotherapist yang juga sebagai Pemimpin Studi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya