Ilustrasi logo Facebook (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Berhati-hatilah saat memajang informasi pribadi di Facebook. Laporan terbaru menyebut ratusan juta informasi pribadi pengguna Facebook termasuk nomor ponsel, nama, dan lokasi, bisa terlihat di data base online yang tidak terlindungi.

Dikutip People, Jumat (6/9/2019), informasi pribadi pengguna Facebook ditemukan dalam data base online lebih dari setahun setelah perusahaan mematikan fitur identifikasi nomor telepon. Seorang peneliti keamanan menemukan lebih dari 419 juta catatan dalam basis data yang tidak dilindungi.

Dikabarkan Tech Crunch, setiap catatan berisi identitas berupa nomor telepon yang biasanya tercantum pada akun Facebook. ID Facebook pengguna biasanya nama panjang, unik, dan publik, untuk membedakan dengan lainnya.

Fakta mengejutkan soal identitas Facebook tersebut terungkap 18 bulan setelah skandal Cambridge Analytica terbongkar. Setelah skandal itu terbongkar, Facebook mematikan fitur publikasi nomor telepon pengguna agar tidak disalahgunakan.

Meski demikian, Facebook tidak berani menjamin keamanan data pengguna yang diretas itu. Mereka berdalih data itu sudah tua dan sudah dimanfaatkan sebelum Facebook mengatur ulang privasi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten