Ilustrasi memakai lip balm (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Selama ini, lip balm dianggap sebagai kosmetik paling ampuh untuk mengatasi bibir kering. Lip balm memang dirancang khusus untuk melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Namun, lip balm sebenarnya hanya memberikan kelembapan sementara pada bibir.

Sejumlah produk lip balm justru seringkali membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Mengapa demikian? Dikutip dari Live Science, Jumat (23/11/2018), saat lapisan lip balm menguap, maka bibir akan semakin kering.

Kulit di bagian bibir sangat sensitif. Jadi, perhatikan jenis pelembap bibir yang dipakai agar tidak menimbulkan kerusakan parah. Seorang profesor dermatologi dari Tulane University, Lousiana, Amerika Serikat, Crystal Aguh, mengatakan, bibir terdiri dari tiga lapisan sel, yakni stratum korneum, epidermis, dan dermis.

Perbedaan kulit bibir dengan bagian lainnya terletak pada lapisan stratum korneum yang menjadi pelindung. Itulah sebabnya kulit bibir retan rusak karena tidak memiliki kelenjar minyak. "Memakai lip balm memang mampu melembapkan bibir. Namun, cara ini juga menyebabkan dehidrasi kulit bibir jangka panjang. Kandungan asam salisilat, menthol, aldehida kayu manis, serta perasa mint, menjadi penyebab kulit kering," kata Crystal Aguh.

Selain lip balm, lip gloss juga memperparah kerusakan bibir akibat sinar ultraviolet. Lapisan berkilau dari lip gloss justru membuat paparan sinar matahari semakin kuat yang akhirnya mengeringkan bibir. Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah memilih pelembap bibir. Lebih baik Anda memakai pelembap bibir alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, minyak kelapa, hingga margarin.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten