Ikan Candiru. (Youtube)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda bahwa ada ikan yang sangat berbahaya karena bisa memakan alat kelamin manusia? Ikan tersebut bernama ikan candiru yang banyak terdapat di Sungai Amazon.

Di wilayah Sungai Amazon yang melintasi Brasil, Bolivia, Kolombia, Peru, dan Ekuador, ikan candiru sangat ditakuti. Dikutip dari Detik.com, Senin (23/12/219), ikan candiru memiliki nama latin Vandellia Cirrhosa.

Ikan tersebut juga dijuluki sebagai ikan vampir karena suka mengisap darah.

Masyarakat di sekitar Sungai Amazon percaya ikan candiru akan masuk ke dalam alat kelamin manusia, baik itu penis dan vagina saat ada orang yang mandi di sungai.

Berbaju Sinterklas, Pasutri Muslim Beri Kejutan Anak Yatim Gereja di Solo

Ikan itu akan masuk ke alat kelamin dan menggerogoti dagingnya dari dalam. Cerita tentang ikan candiru masih dipercayai hingga kini. Para ilmuwan pun sudah banyak yang melakukan penelitian.

Parasit

Eugene Willis Gudger dari American Journal of Surgery melakukan penelitian tentang ikan candiru kali pertama pada 1930. Dari penelitiannya, ikan candiru disimpulkan sebagai parasit.

Selain bisa masuk dan menggerogoti alat kelamin, ikan candiru juga menyerang ikan lain dengan cara masuk ke bagian insang.

Syarat Poligami dalam Islam Berat, Kamu Kuat?

Ikan candiru lantas memakan daging ikan lain dan mengisap darahnya hingga mangsanya mati.

Ikan candiru memiliki panjang sekitar 5 cm hingga 20 cm, dan paling panjang bisa mencapai 40 cm. Banyak juga yang menyebutnya sebagai ikan tusuk gigi.

Apakah Ukuran Alat Vital Pria Bisa Diperbesar? Cek Fakta Ilmiahnya

Ikan candiru sudah menjadi cerita horor bagi masyarakat yang hidup di sekitar Sungai Amazon dari berabad-abad silam. Barulah di abad ke-19, ikan candiru mencuri perhatian dunia sains.

Kenapa Suka Masuk ke Kelamin?

Seorang ahli Iktiologi, WR Allen, menjelaskan ikan candiru mendeteksi mangsa dari kotorannya. Urin dari ikan dirasa ikan candiru mirip-mirip dengan urin manusia.

Ada Roti Jangkrik di Inggris, Rasanya Diklaim Lezat

"Sehingga ketika orang buang hajat di dalam air, maka ikan candiru akan mendeteksinya dan masuk ke saluran alat kelamin. Itu akan terasa sangat sakit," terangnya.

Satu-satunya catatan medis terhadap ikan candiru yang memakan penis manusia adalah pada 1997.

Ini 20 Negara Berpenduduk Paling Malas di Dunia

Di Manaus, salah satu kota terpencil negara bagian Brasilia di Amazonas, ahli urologi, Anoar Samad, mengoperasi seorang pria yang mengaku penisnya kesakitan.

Setelah dioperasi, ditemukan ikan candiru di dalam penis pria tersebut.

Sebelum Ditemukan Meninggal Bugil, Bela Si Pemandu Lagu Pamit Makan Bareng Teman

Masih banyak cerita lainnya tentang masyarakat di sekitar Sungai Amazon yang diserang ikan candiru. Hanya sayangnya, kebanyakan dari mereka tinggal di pedalaman dan tidak ada dokter yang menanganinya.

Netflix Diblokir Telkomsel, Menkominfo Mengaku Tak Bisa Apa-apa

Ikan candiru masuk dalam daftar ikan paling berbahaya di dunia. Masyarakat di sekitar Sungai Amazon pun selalu berhati-hati saat beraktivitas di air dan menghindari buang hajat di dalam sungai.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten