Kategori: Leisure

Hati-hati! Ada 6 Titik Sumber Penularan Covid-19 pada Klaster Perkantoran


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Merebaknya penularan Covid-19 pada klaster perkantoran harus diwaspadai oleh semua pihak.

Protokol kesehatan yang dilakukan secara ketat harus betul-betul dilakukan di tempat kerja. Seperti halnya yang diungkap oleh Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, Kartini Rustandi.

Ternyata Ini Orang Pertama yang Jadi PNS di Indonesia, Enggak Nyangka Kan?

"Tentu kita masih ingat bagaimana protokol kesehatan yang harus dilakukan terdiri dari dua, yaitu protokol kesehatan terkait dengan perlindungan individu dan perlindungan kesehatan masyarakat," ujar Kartini dalam rilisnya yang tayang di situs resmi Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia, dua bulan silam.

Kartini Rustandi berpesan agar setiap kantor atau perusahaan harus memiliki koordinator dan tim penanganan Covid-19 yang berguna untuk mengontrol pelaksanaan protokol kesehatan dalam perusahaan.

Amankah Naik Pesawat Saat Pandemi?

Hal yang sama juga disampaikan pula oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro. Salah satu pesannnya adalah untuk selalu mengecek sirkulasi dan ventilasi ruangan, yakni pendingin udara yang tak boleh mengarah langsung ke karyawan.

"Kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan harus dilakukan ketika berangkat kerja, berada di tempat kerja, sampai pulang ke rumah. Termasuk sebelum masuk ke dalam rumah," terang Reisa.

Kenapa Komodo Cuma Ada di Indonesia? Ternyata Ini Jawabannya

6 Titik Penularan

Berdasarkan informasi yang diperoleh pengelola akun Instagram @provjateng, Selasa (3/11/2020), terdapat enam titik sumber penularan Covid-19 pada klaster perkantoran.

"Perhatikan juga nih titik sumber penularan di kantor jika kalian sudah masuk kerja seperti biasa. Untuk menghindari penularan Covid-19, tentu selalu bawah hand sanitizer dan rajin cuci tangan pakai sabun ya," urainya.

Ilmuwan Temukan Organ Baru di Tubuh Manusia, Ini Wujudnya

Berikut ini enam titik sumber penularan Covid-19 pada klaster perkantoran yang harus diwaspadai oleh semua pihak:

1. Gagang pintu
2. Toilet umum
3. Tombol lift
4. Water dispenser
5. Mesin absensi atau finger print
6. Ruang tertutup dengan ventilasi atau sirkulasi udara yang buruk

Mitos Dukuh Brunggang Sukoharjo yang Pantang Dikunjungi Para Pejabat, Kenapa?

Bantuan Sosial Tunai Akan Diperpanjang Hingga Juni 2021, Ini Besarannya

Perkembangan Covid-19 Terkini

Share