SOLOPOS.COM - Renault 5 akan menjadi mobil listrik ramah lingkungan. (Carscoops)

Solopos.com, SOLO — Renault akan kembali dengan model hatchback legendarisnya, yakni Renault 5. Mobil ini akan kembali sebagai sebuah mobil listrik modern yang ramah lingkungan.

Melansir Carscoops, Senin (18/1/2021), Renault 5 akan kembali dengan desain yang sama dengan versi terdahulunya, yang masih menggunakan mesin konvensional. Prototipe yang akan dirilis ini memiliki detail futuristik pada bagian lampu dan fasia depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Pembayaran Uang Ganti Rugi Tol Solo-Jogja Sudah Berlangsung, Spanduk Protes Malah Muncul di Karanganom Klaten

Direktur Desain Renault Gilles Vidal mengubah beberapa fungsi mobil agar memenuhi kebutuhan kendaraan listrik modern saat ini. Misalnya, bagian grille dibuat kosong, kemudian di atas kap mesin terdapat port charging untuk mengisi daya ulang. Selain itu, lampu belakang dilengkapi flap aero, dan lampu kabut depan yang difungsikan sebagai lampu siang hari atau Day Running Light (DRL).

Prototipe Renault 5 juga menampilkan logo depan dan belakang yang menyala, serta dual tone kuning dan hitam. Meski Renault belum mengungkapkan interiornya, tetapi mobil ini dipastikan memiliki layar transparan kecil di dasbor.

Baca Juga: Kisah Sukarelawan Mencari Mulut Luweng di Pracimantoro Wonogiri, Berharap Banjir Bisa Teratasi

Produsen mobil Perancis ini tidak menyebutkan detail apa pun tentang powertrain listrik yang dipakai. Tetapi, dipastikan bahwa Renault 5 baru dirancang sebagai kendaraan listrik murni, yang tidak akan ada varian powertrain ICE (Internal Combustion Engine).

“Desain Prototipe Renault 5 didasarkan R5, model warisan kami. Prototipe ini hanya mewujudkan modernitas, kendaran yang relevan dengan masanya: perkotaan, listrik, menarik,” kata Gilles Vidal.

Baca Juga: Truk Terguling, Ribuan Telur Ayam Pecah dan Berserakan di Jalan Sukoharjo-Wonogiri

Renault 5 EV akan bergabung dengan mobil Renault lainnya yang diubah menjadi mobil listrik modern seperti Renault 4. Kedepannya, produsen mobil asal Perancis itu ingin 30 persen dari penjualannya dipenuhi dengan kendaraan listrik sepenuhnya pada 2025. Di mana mobil listrik tersebut akan memiliki peran besar di industri kendaraan ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya