SOLOPOS.COM - Aldo Arya Saka Mukti, siswi SMP 1 Sragen peraih nilai UN tertinggi (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Hasil UN SMP diumumkan, Sabtu (11/6/2016).

Solopos.com, SRAGEN — Siswa SMPN 1 Sragen, Aldo Arya Saka Mukti, meraih nilai Ujian Nasional (UN) SMP tertinggi se-Sragen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia berhasil meraih nilai tertinggi tingkat Kabupaten Sragen dengan total nilai 387,5.  Nilai tertinggi tersebut diraih Aldo Arya Saka Mukti, 15, siswa kelas IX B SMPN 1 Sragen.

Ekspedisi Mudik 2024

Siswa asal Candi Asri RT 038/RW 009, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, itu memang memiliki target ingin sekolah di SMAN 1 Solo. Dia tidak mengira bila pada hasil UN yang diumumkan sekolah pada Sabtu (11/6/2016) bisa mendapat nilai tertinggi tingkat kabupaten.

“Dari sekian mata pelajaran, hanya satu yang nilainya 100, yakni matematika. Selain saya, ada teman juga yang matematikanya mendapat 100, yakni Devira, masih satu kelas dengan saya. Ya, mungkin doa dari orang tua yang membuat nilai saya tinggi,” kata Aldo saat ditemui Solopos.com, Sabtu sore.

Siswa kelahiran Sragen, 1 Desember 2000, itu hanya bermodal doa dan belajar. Dia tak mengikuti bimbingan belajar. “Saya belajar dengan latihan soal-soal UN saja,” katanya.

Pengumuman hasil UN 2016 untuk jejang SMP, MTs, SMPLB dilaksanakan secara serentak mulai pukul 15.00 WIB. SMP Muhammadiyah 1 Sragen mengumumkan hasil UN dengan menggelar acara Akhirusanah di Gedung KPRI Sragen.

“Para siswa perempuan pakai kebaya dan para siswa laki-laki pakai baju muslim. Kami juga mengundang orang tua siswa untuk menerima hasil UN itu,” kata Wakil Kepala Bidang Humas SMP Muhammadiyah 1 Sragen, Sulhan Fathoni.

Penyampaian hasil UN di SMPN 1 Sragen dikemas dengan cara bagi-bagi takjil kepada para pengguna jalan di sepanjang Jl. Raya Sukowati. Pemberian takjil itu bertujuan sebagai wujud syukur atas kelulusan semua siswa di SMPN itu.

“Ada 248 siswa yang ikut UN dan dinyatakan lulus semua. Masing-masing siswa membawa makanan dari rumah berupa minuman dan makanan kardus untuk dibagikan kepada pengguna jalan menjelang buka puasa bersama. Kegiatan seperti ini sebagai upaya untuk mengurangi aktivitas konvoi dalam perayaan lulusan,” ujar Kepala SMPN 1 Sragen, Sri Handayani, yang diamini Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Bambang Hariyanto.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen, Suwardi, mengatakan semua hasil UN itu selanjutnya dikirim ke Disdik untuk dirangking. Dia menyampaikan ada satu siswa yang tidak ikut UN dan ada satu siswa yang berhasil menempati rangking pertama tingkat kabupaten dengan total nilai 387,5 dari SMPN 1 Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya