SOLOPOS.COM - Siswa mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) susulan di SMP Negeri 10 Solo, Selasa (13/5/2014). Ujian nasional susulan tersebut hanya diikuti empat siswa yang seharusnya berjumlah 10, sementara itu untuk siswa yang tidak mengikuti ujian susulan masih bisa mengikuti ujian kesetaraan kelompok belajar Paket B yang akan digelar Agustus 2014 mendatang. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Presentase kelulusan jenjang SMP di Solo mencapai 100 persen. Pengumuman kelulusan itu sendiri akan dilakukan Sabtu (14/6/2014).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, mengatakan berdasarkan nilai Ujian Nasional (UN), 100 persen siswa di Solo untuk jenjang SMP yang mengikuti UN lulus.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ya Alhamdulillah lulus 100 persen. Kalau untuk jenjang SMA/SMK kemarin memang belum 100 persen,” terang dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat (13/6/2014).

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Disdikpora, Aryo Widyandoko. “Dari informasi yang saya terima, SMP lulus 100 persen. Tapi untuk rinciannya mungkin sedang direkap,” jelas dia, Jumat.

Sebelumnya diinformasikan bahwa jumlah total Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta UN SMP/ MTs 2014 adalah 11.056 orang. Namun ada beberapa di antaranya yang tidak mengikuti. Koordinator UN SMP/MTs Solo, Bambang Wahyono mengatakan ada sejumlah peserta Ujian Nasional (UN) SMP/MTs yang tidak mengikuti UN utama pekan lalu.

Dia mengatakan pada hari pertama UN utama lalu ada 11 peserta yang tidak ikut. Alasannya ada yang meninggal, mengundurkan diri, tanpa keterangan, dan sakit. Untuk yang meninggal dan mengundurkan diri sudah otomatis gugur. Namun pada UN susulan hanya 4 orang yang ikut. Menanggapi peserta yang kembali absen pada UN susulan, Bambang mengatakan secara umum mereka tidak lulus.

“Secara reguler mereka gugur. Tapi masih ada kesempatan untuk ikut UNPK tahap kedua,” jelas dia Senin (12/5). Bambang juga mengtakan, meski tidak lulus, mereka tidak akan mempengaruhi persentase kelulusan di Solo.

Sebab mereka tidak mengikuti UN sama sekali. “Sejak awal kan tidak mengikuti. Kecuali kalau sempat mengikuti satu atau dua hari UN, lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya