SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Hasil UN SMP 2015 di Kulonprogo menduduki peringkat keempat tingkat DIY.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo mengaku belum bisa mengumumkan tingkat kelulusan SMP tahun 2015. Namun, hasil Ujian Nasional (UN) jenjang SMP di Kulonprogo yang diselenggarakan pada 4-7 Mei lalu diketahui menempati urutan keempat se- DIY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengumuman kelulusan SMP digelar serentak pada Rabu (10/6) besok. Seluruh siswa kelas IX beserta orang tua atau wali murid diundang ke sekolah untuk menerima hasil kelulusan.

“Kalau soal kelulusannya, kami belum bisa bilang. Namun, rata-rata total nilai dari 6.165 orang peserta UN SMP di Kulonprogo mencapai 260,82,” kata Kepala Dindik Kulonprogo, Sumarsana, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/6/2015).

Sumarsana mengatakan, hasil UN SMP akan menjadi patokan untuk seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK sederajat. Selain itu, hasil UN juga dipertimbangkan untuk kepentingan pemetaan mutu dan upaya pembinaan sekolah.

Terkait antisipasi aksi coret-coret seragam dan konvoi kendaraan, Dindik Kulonprogo kembali akan mengandalkan pakaian adat Jawa.

“Seperti pengumuman SMA/SMK kemarin, anak datang ke sekolah pakai baju tradisional supaya tidak ada coret-coret. Berdasarkan evaluasi kami, langkah tersebut cukup efektif mengurangi aksi coret-coret baju dan konvoi,” papar Sumarsana.

Meski demikian, Sumarsana tetap meminta dukungan orang tua dan masyarakat untuk ikut mendampingi dan mengawasi perayaan kelulusan SMP. Sebab, masih ada kemungkinan siswa menjalankan aksi coret-coret dan konvoi setelah mengikuti acara resmi di sekolah.

“Terutama soal konvoi. Anak-anak usia SMP sebenarnya belum boleh naik sepeda motor karena umurnya belum cukup,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Galur, Edy Suwarno juga mengaku belum bisa memberikan bocoran angka kelulusan siswanya. Namun, dia mengungkapkan, peraih nilai UN SMP tertinggi di Kulonprogo adalah siswa SMP Negeri 1 Galur. “Iya, peringkat pertama diraih siswa kami. Peringkat kedua dari SMP Negeri 1 Wates dan peringkat ketiga SMP Negeri 1 Pengasih,” ucap Edy, dihubungi Harianjogja.com pada Selasa siang.

Edy menambahkan, ada 118 siswanya yang mengikuti UN SMP tahun ini. “Ada lebih dari 40 anak yang memperoleh nilai sempurna di berbagai mata pelajaran. Ini kami baru akan merapatkan mengenai kelulusan yang diumumkan besok,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya