SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

Hasil UN SMP di Karanganyar menunjukkan 8 siswa tidak lulus.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak delapan siswa SMP negeri dan swasta di Karanganyar tidak lulus ujian nasional (UN) tahun pendidikan 2015/2016. Penyebabnya adalah mereka tidak mengikuti ujian sekolah (US) dan diputuskan melalui hasil rapat dewan guru terkait budi pekerti siswa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karanganyar, Ngadimin, menyampaikan delapan siswa yang tidak lulus itu adalah 2 siswa dari SMP Muhammadiyah 1 Gondangrejo, 1 siswa dari SMPN 5 Karanganyar, 2 siswa dari SMP Amal Mulya Tawangmangu, dan 3 siswa dari SMPN 2 Jaten.

“Rata-rata mereka tidak mengikuti US. Tetapi, ada dua siswa tidak lulus karena dewan guru mempertimbangkan budi pekerti. Rapat dewan guru memutuskan dua siswa itu tidak lulus karena akhlak kurang memenuhi syarat lulus,” kata Ngadimin saat dihubungi Solopos.com, Minggu (12/6/2016).

Siswa dinyatakan lulus apabila mengikuti US, UN, dan hasil rapat dewan guru tentang budi pekerti. Apabila siswa tidak memenuhi salah satu syarat kelulusan itu, siswa dinyatakan tidak lulus. Delapan siswa itu harus mengulangi pendidikan di kelas IX selama satu tahun.

Ngadimin menceritakan penyebab sejumlah siswa tidak mengikuti US. US merupakan hak prerogratif sekolah sehingga lebih longgar. Tetapi, masih ada siswa tidak mengikuti US karena berbagai alasan.

Persoalan utama adalah rata-rata siswa itu tidak mendapat pengawasan dari orangtua. Ngadimin mengklaim guru di sekolah masing-masing sudah berupaya seluruh siswa mengikuti US. Guru mencari dan membujuk siswa untuk mengikuti US.

“Ada persoalan keluarga, seperti orangtua bercerai, bekerja ke luar kota hingga luar negeri. Ada juga siswa pindahan dari Jakarta tidak memenuhi jumlah kehadiran. Dia tidak masuk selama 60 hari. Sudah dicari, tetapi tidak ikut US,” jelas dia.

Data Pengumuman UN SMP Tahun Pendidikan 2015/2016
1. Jumlah peserta UN SMP/MTS/SMPLB : 12.302 siswa.
2. Lulus : 12.294 siswa.
3. Tidak lulus : 8 siswa.
4. Peraih nilai UN tertinggi : Sandi Anardito Putra siswa SMP Negeri 1 Karanganyar dengan total nilai 384,50.
5. Jumlah siswa yang memperoleh nilai 100 pada UN
a. Mata pelajaran Bahasa Indonesia : 1 siswa.
b. Mata pelajaran IPA : 2 siswa.
c. Mata pelajaran Matematika : 35 siswa.
d. Mata pelajaran Bahasa Inggris : 0 siswa.

Sumber: Disdikpora Kabupaten Karanganyar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya