SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah.(JIBI/Dok)

Solopos.com, KLATEN–Tiga orang siswa SMP/MTs di Klaten tidak lulus ujian nasional (UN). Tiga orang itu terdiri atas satu siswa SMP dan dua siswa MTs. Dibanding tahun lalu, angka kelulusan di Klaten meningkat karena hampir mencapai 100 persen.

Ketua Panitia UN Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Wahono, mengatakan satu siswa SMP tidak lulus karena tidak selesai mengikuti UN. Sedangkan dua siswa MTs yang tidak lulus karena nilainya di bawah standar yang telah ditentukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tingkat kelulusan tahun ini meningkat dibanding tahun lalu karena hanya tiga siswa yang tidak lulus. Sedangkan tahun lalu ada 22 siswa yang tidak lulus,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (13/6/2014).

Ia menambahkan di Klaten ada satu siswa yang mendapat nilai tertinggi se-Jawa Tengah. Siswa tersebut dari SMPN 2 Klaten yang bernama Latifa Miftahul Hasanah Arfiani. Total nilai yang diraih yakni 39,20 dari empat mata pelajaran yang diujikan.

Sementara itu, ia menyatakan kelulusan itu diumumkan pada Sabtu (14/6) di masing-masing sekolah mulai pukul 15.00 WIB dengan mengundang orangtua siswa. “Hari ini [Jumat], kami sudah memanggil kepala sekolah untuk pemberitahuan hasil UN. Sedangkan pengumuman kepada kepada siswa dilakukan Sabtu sore,” ujarnya.

Di sisi lain, Disdik sedang mempersiapkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online dan offline. Namun, PPDB secara online hanya untuk pendaftaran tingkat SMA/SMK pada 23-26 Juni. Sedangkan pendaftaran untuk tingkat SMP/MTs dan SD masih dilakukan secara offline. Pendaftaran SMP pada 25-28 Juni, sedangkan pendaftaran SD pada 26-28 Juni.

“Untuk pendaftaran masuk SMA menggunakan SKHUN [surat keterangan hasil ujian nasional]. Siswa bisa memilih dua sekolah saat mendaftar ke SMA atau satu SMK tetapi bisa mendaftar dua jurusan. Sedangkan pendaftaran SMP menggunakan SKHUS [surat keterangan hasil ujian sekolah],” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya