SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN-Rata-rata nilai kelulusan siswa sekolah dasar (SD) di Sleman meningkat. Rata-rata nilai siswa yang di tahun sebelumnya setinggi 23,28 naik menjadi 23,59. Angka tersebut merupakan hasil dari tiga mata pelajaran yang diujikan bagi 14.590 siswa kelas 6 SD dari 518 sekolah.

Ditanya soal angka kelulusan, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sleman mengaku belum mengetahuinya.

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

“Belum ada yang melapor. Hasilnya kan dari sekolah dikirimkan ke UPT (Unit Pelaksana Teknis) dulu atau Pokja (Kelompok Kerja),” kata Arif Haryono, Kepala Dinas Dikpora Sleman, Jumat (20/6/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Pengumuman hasil ujian kelulusan SD diselenggarakan Sabtu (21/6).

“Sekolah memutuskan kelulusan berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan sekolah tersebut,” ungkap Arif. Dia menambahkan pihaknya baru akan bisa menentukan angka kelulusan bersamaan dengan hari pengumuman.

Arif menepis kabar burung yang mengungkapkan ada kebijakan khusus agar seluruh siswa SD diluluskan.

“Tetap harus pakai KKM. Kalau nilainya memang kurang, masa mau diluluskan,” kata Arif menegaskan.

Sebagai langkah antisipasi manipulasi nilai, Arif mengatakan pihaknya telah memerintahkan sekolah untuk mengumpulkan KKM sebelum ujian dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya