SOLOPOS.COM - UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

Hasil UN 2015 untuk Kota Jogja, setidaknya 15 siswa dinyatakan tak lulus.

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 15 siswa SMA dan SMK di Jogja tidak lulus ujian nasional (UN). Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah siswa tidak lulus pada tahun ini lebih banyak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Disdik Jogja Edy Heri Suasana menyebutkan siswa tidak lulus terdiri dari lima siswa SMA, lima siswa SMK, dan lima siswa mengundurkan diri. Menurut dia UN memang tidak menentukan kelulusan, akan tetapi sekolah memiliki kebijakan dan penilaian masing-masing.

Ekspedisi Mudik 2024

“Karena penilaian sehari-hari dilakukan sekolah maka yang menentukan juga hal itu, bukan nilai UN,” ujarnya saat dihubungi Harianjogja.com, Kamis (14/5/2015).

Diuraikannya, siswa yang tidak lulus berasal dari empat SMA swasta, tiga SMK swasta, dan dua SMK negeri. Ia juga tidak menampik jika jumlah siswa yang tidak lulus kali ini lebih banyak ketimbang tahun lalu.

“Angka pastinya tidak ingat persis tetapi yang jelas tidak sebanyak ini,” ungkapnya.

Pengumuman kelulusan, terang dia, berasal dilakukan Jumat (16/5/2015) pagi di sekolah masing-masing.

“Untuk mekanismenya diserahkan kepada sekolah, ada yang memanggil wali murid atau siswanya langsung,” papar Edy.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji mengaku belum dapat memastikan jumlah siswa yang tidak lulus. Pasalnya, sekolah baru melaporka hasil kelulusan pasca pengumuman besok. Kendati demikian, ia opimistis jumlah siswa yang tidak lulus lebih sedikit jika dibandingkan tahun lalu.

“Logikanya kan sekolah yang memberi penilaian sehingga kemungkinan besar siswa lulus,” tuturnya.

Disebutkannya, penentuan kelulusan berdasarkan nilai ujian sekolah dan rapor siswa. Seperti yang diketahui, UN SMA dan sederajat di DIY diikuti 48.612 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya