SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Solopos/Maulana Surya

Hasil ujian sekolah tingkat sekolah dasar di Sragen kelulusannya mencapai 100%.

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 14.657 siswa SD/MI peserta Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) di Sragen tahun ajaran 2015/2016 dinyatakan lulus.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pengumuman kelulusan US/M dilaksanakan serentak pada Sabtu (18/6) pukul 10.00 WIB. Hasil US/M sudah dikirim ke masing-masing sekolah. Hingga pukul 12.00 WIB, belum semua SD/MI menyampaikan laporan terkait kelulusan US/M ke (Dinas Pendidikan) Disdik Sragen. Namun, laporan secara lisan sudah diterima Disdik Sragen. “Seluruh peserta US/M di Sragen lulus 100%. Ada 14 siswa yang tidak mendapat nilai, namun mereka tidak mengikuti UN karena beberapa sebab seperti meninggal dunia lantaran sakit dan kecelakaan, pindah alamat dan lain-lain,” terang Kasi Kurikulum Disdik Sragen Efendi Darmono saat ditemui solopos.com di kantornya, Sabtu (18/6/2016).

Sebagian sekolah mengumumkan hasil US/M dengan melibatkan orang tua. Namun, sebagian SD mengumumkan hasil US/M langsung kepada siswa. Sejauh ini, Disdik Sragen belum menyusun peringkat sekolah dan siswa peraih hasil US/M terbaik. “Data yang kami terima dari Disik Provinsi itu berupa data per sekolah. Untuk menyusun peringkat butuh waktu sekitar tiga hari,” ujar Efendi.

Pengumuman hasil Ujian Sekolah/Madrah (US/M) untuk SD dan MI yang rencananya digelar Sabtu (25/6/2016) dimajukan menjadi Sabtu (18/6/2016). Berdasar hasil penilaian US/M, Kabupaten Sragen menduduki peringkat 14 se-Jawa Tengah. Peringkat nilai US/M kali ini lebih baik dari tahun lalu yang menduduki peringkat 18. Dari jumlah peserta 13.501 siswa, nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia 79,32, Matematika 74,23 dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 77,44.

”Total nilai rata-rata siswa mencapai 230,90. Hasil US/M di Sragen kalah jauh dari Karanganyar yang menduduki peringkat pertama dengan total nilai rata-rata 239,47,” kata Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Kusmanto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya