SOLOPOS.COM - Juliyatmono (dok. solopos.com)

Hasil ujian sekolah US/M di Karanganyar mendapat apresiasi dari Bupati.

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak 600 siswa sekolah dasar (SD) di Karanganyar mendapatkan nilai 100 pada mata pelajaran Matematika saat ujian sekolah (US) tahun 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, sudah menyiapkan hadiah untuk 600 siswa tersebut. Yuli, sapaan akrab Juliyatmono, menjanjikan setiap siswa itu mendapatkan Rp200.000 apabila dari Tawangmangu dan Rp100.000 dari luar Tawangmangu.

Penghargaan untuk SD di Karanganyar tidak berhenti sampai di situ. SD di Karanganyar menduduki peringkat satu se-Jawa Tengah. Hal itu berdasarkan nilai rata-rata setiap mata pelajaran pada US tahun 2016. SD di Karanganyar hanya menduduki peringkat lima pada US tahun 2015.

Yuli menyampaikan iming-iming itu saat meresmikan Kampung Matematika di Bandardawung pada Mei. Dia mengucapkannya di hadapan anak-anak SD yang sedang belajar di salah satu kelompok belajar di Kampung Matematika.

“Sudah, sudah saya siapkan hadiah dari kantong saya. Hadiah akan kami berikan bersamaan saat tarawih keliling di setiap kecamatan yang belum kami singgahi. Hadiah akan kami berikan sebelum Lebaran,” kata Yuli saat dihubungi solopos.com, Sabtu.

Dia tidak bisa menutupi rasa bangga karena mendapat kejutan bertubi-tubi dari siswa SD di Karanganyar. Sebelumnya, Yuli juga memberikan hadiah Rp10 juta kepada siswa SMA/SMK yang memperolah peringkat satu se-Kabupaten Karanganyar pada UN tahun 2016.

“Semuanya sebagai rasa bangga saya dan hadiah Lebaran yang berkah. Hasil US SD di Karanganyar mendapat juara 1 se-Jawa Tengah ya. Inilah investasi generasi cerdas ke depan ya. Sama seperti hadiah Rp10 juta untuk juara satu se-kabupaten pada UN SMA/SMK,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupatn Karanganyar, Ngadimin, menyampaikan hanya SD yang menduduki peringkat satu se-Jawa Tengah.

Apabila digabung dengan nilai rata-rata US pada MI, SDLB, dan Kejar Paket A maka Karanganyar menduduki peringkat dua.

“Penghitungan peringkat berdasarkan nilai rata-rata setiap mata pelajaran yang diujikan pada US,” kata Ngadimin saat dihubungi solopos.com, Sabtu.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Karanganyar, Agus Haryanto, menambahkan bahwa Bupati juga akan memberikan hadiah kepada 30 siswa SMP yang mendapat nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika pada UN tahun 2016. Masing-masing siswa mendapatkan Rp250.000. Di sisi lain, Agus tidak menampik bahwa program Kampung Matematika memberikan efek positif kepada siswa SD.

“Program Kampung Matematika dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Pastinya siswa mendapat motovasi dari situ. Selanjutnya, kami akan lebih menggiatkan latihan-latihan, try out berulang kali, dan lain-lain. Demi meningkatkan prestasi siswa,” tutur dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya