Hasil Tes Swab Negatif, Bayi Positif Corona Asal Wates Sembuh
Ilustrasi positif corona (Freepik)

Solopos.com, KULONPROGO – Seorang bayi positif penyakit virus corona (Covid-19) asal Wates, Kulonprogo, dinyatakan sembuh seusai hasil tes swab terbaru menunjukkan negatif. Bayi itu masih menjalani perawatan di RSUD Wates hingga kondisinya siap untuk dipulangkan.

KLB Corona Solo Belum Dicabut, Rudy Imbau Warga Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Hal itu disampikan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Sri Budi Utami. Sri mengatakan hasil tes swab kedua di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta yang keluar Sabtu (4/4/2020) menunjukkan negatif corona.

“Kemarin [Sabtu] sudah ada data lab yang menyatakan hasilnya negatif," ujar Sri Budi Utami, seperti diberitakan Harianjogja.com, Minggu (5/4/2020) pagi.

Ini Video Lagu Do Manuto dari Jargon Rudy Ciptaan Wong Solo

Kendati dinyatakan sembuh, bayi berusia empat bulan itu masih menjalani perawatan di rumah sakit. Perawatan ini tidak lama sekitar satu-dua hari sampai kondisi bayi siap untuk dipulangkan.

"Mungkin untuk satu atau dua hari ini, sambil memastikan bahwa kondisi secara umum siap untuk dipulangkan," ujar Sri.

Kerja di Rumah, Ini Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Dipakai

Riwayat Perjalanan

Sebelumnya, bayi laki-laki asal Kapanewon, Wates, ini menjalani perawatan di RSUD Wates sejak Selasa (17/3/2020). Bayi itu mengalami gejala demam dan sesak nafas sepulang bepergian dengan orang tuanya dari salah satu kota di Jawa Tengah.

Dengan pertimbangan keamanan berkaca pada riwayat perjalan dan gejala sang bayi, RSUD Wates mengisolasi bayi itu. Status bayi pun dimasukkan ke dalam pasien dalam pengawasan (PDP).

Stop Pakai Bilik Disinfeksi! Berbahaya & Tidak Dianjurkan Kemenkes

Selama dirawat di rumah sakit, BBTKLPP Yogyakarta juga melakukan tes swab kali pertama terhadap bayi itu. Hasilnya keluar pada Rabu (25/3/2020) dengan keterangan bayi itu positif terinfeksi virus corona.

Kemudian, pada Sabtu (4/4/2020), hasil tes swab kedua bayi positif corona itu menunjukkan hasil negatif. Bayi itu dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Risiko Tinggi, Bupati Sragen Enggan Siapkan Pos Karantina Pemudik

Berdasarkan data dari Corona.jogjaprov.go.id per Minggu (5/4/2020), kasus corona di Kabupaten Kulonprogo menunjukkan ada 253 orang dalam pemantanan (ODP), 10 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 1 kasus positif corona sembuh.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho