Kategori: Nasional

Hasil Tes Swab Covid-19 Habib Rizieq Sudah Keluar, Tapi Rahasia


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA – Hasil tes swab Covid-19 Habib Rizieq kabarnya sudah keluar. Hal tersebut disampaikan Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad. Namun, hasil tersebut dirahasiakan.

"Hasilnya itu adalah rahasia. Sudah," kata Sarbini seperti dilansir Detik.com, Senin (30/11/2020).

Pernyataan itu disampaikan Sarbini sebelum menjalani pemeriksaan di Polresta Bogor, Jawa Barat. Dia menyebut Habib Rizieq menjalani tes swab Covid-19 saat dirawat di rumah sakit. Seperti diketahui pimpinan FPI itu sempat menjalani perawatan di RS UMMI Bogor sampai akhirnya pulang pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Ada Rekahan Baru di Kawah Gunung Merapi

Menanggpi pernyataan Sarbini dari MER-C, Menko Polhukam Mahfud Md angkat bicara. Dia menegaskan MER-C tidak memiliki kewenangan dan laboratorium untuk tes swab.

"MER-C itu tidak memiliki laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes," kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM, Mahfud Md, dalam siaran langsung lewat kanal YouTube BNPB RI, Minggu (29/10/2020) malam.

Tragis, Bayi 15 Bulan Tewas Usai Dicabuli & Dianiaya Babysitter

Sarbini mengakui MER-C tidak memiliki laboratorium untuk tes swab. Namun, dia tetap tidak mau buka suara terkait hasil pemeriksaan tes swab Covid-19 atas nama Habib Rizieq.

"Mer-C tidak punya laboratorium. Itu jelas ya, clear ya. Tidak ada mengatakan bahwa MER-C punya laboratorium, kita tidak punya. Itu rahasia," sambung Sarbini.

Diberitakan sebelumnya, Habib Rizieq dirawat di RS UMMI Bogor sejak Rabu (25/11/2020) dan pulang pada Sabtu (28/11/2020). Dia menjalani tes swab dengan MER-C pada Jumat (27/11/2020). Tes swab ini menjadi kontroversi karena dilakukan tanpa koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita