SOLOPOS.COM - Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy. (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Teka teki seputar identitas mayat tanpa kepala yang ditemukan di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, akhirnya terkuak. Sesuai dengan asumsi polisi, mayat tanpa kepala yang ditemukan dalam kondisi hangus terbakar itu merupakan PNS Bapenda Kota Semarang yang sebelumnya dilaporkan hilang, Iwan Boedi.

Hal itu terungkap berdasarkan hasil tes DNA yang diambil dari sampel jasad tersebut dan dicocokan dengan DNA dari keluarga Iwan Boedi. Tes DNA itu dilakukan Puslabfor Mabes Polri sejak pekan lalu.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Tes DNA dilakukan tim Puslabfor Mabes Polri dari lima sampel yakni tulang iga korban, tulang clavicula [entong], sampel 2 DNA anak laki-laki [Iwan Boedi] dan sampel DNA anak perempuan,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Rabu (14/9/2022).

Iqbal menegaskan dari hasil tes DNA itu ditemukan kecocokan yang hampir 100 persen. Dengan demikian, pihaknya pun berani menyimpulkan jika mayat tanpa kepala yang ditemukan di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Kamis (8/9/2022) malam, merupakan PNS Bapenda Kota Semarang yang dilaporkan hilang sejak 24 Agustus 2022, Iwan Boedi.

Meski demikian, Iqbal mengaku surat resmi terkait hasil tes DNA dari Puslabfor Mabes Polri itu belum diserahkan kepada pihak keluarga. “Kami dari Polda Jateng turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya almarhum,” ujarnya.

Baca juga: Sisir Lokasi Penemuan Mayat Tanpa Kepala, Polisi Ajak Anjing PNS Kota Semarang

Lebih lanjut, terkait penyebab kematian korban, saat ini kepolisian masih melakukan investigasi. Meski demikian, sudah ada 14 saksi yang dimintai keterangan terkait hilangnya korban yang ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

“Delapan [saksi] dari pihak keluarga, tiga rekan kerja, dan tiga saksi di TKP [tempat penemuan mayat tanpa kepala di kawasan Pantai Marina Semarang],” ungkap Iqbal.

Iqbal berharap kasus ini bisa segera terungkap jelas. Termasuk penyebab kematian korban serta motif pelaku.

Baca juga: Potongan Tulang Tangan Mayat Tanpa Kepala di Semarang Ditemukan

Sebelumnya diberitakan Iwan Boedi, PNS Bapenda Kota Semarang dilaporkan hilang sehari sebelum menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus korupsi pengalihan aset oleh Ditreskrimsus Polda Jateng. Setelah dua pekan menghilang, publik Kota Semarang digegerkan dengan penemuan mayat tanpa kepala di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang.

Mayat itu pun mengarah ke Iwan Boedi karena di sekitarnya ditemukan barang-barang milik PNS Bapenda Kota Semarang itu seperti sepeda motor dinas, komputer jinjing, hingga telepon seluler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya