SOLOPOS.COM - Ilustrasi (justiceforpalestine.org)

London (Solopos.com)- Pekan ini delegasi Palestina secara resmi mengajukan permohonan kepada PBB untuk mendapat pengakuan resmi sebagai sebuah negara berdaulat. Sebuah survei BBC menunjukkan bahwa makin banyak warga dunia yang mendukung agar pemerintah mereka mendukung pengakuan atas kedaulatan Palestina.

Seperti diberitakan situs BBC, Senin (19/9/2011), dari survei yang dilakukan di 19 negara itu, 49 persen responden menyatakan pemerintah mereka harus mendukung Palestina sementara 21 persen lainnya menentang pengakuan. Jajak pendapat ini dilakukan BBC bekerja sama dengan GlobeScan, dan melibatkan 20.466 responden di 19 negara. Mereka ditanyai pendapatnya dengan wawancara langsung atau lewat telepon yang dilakukan antara tanggal 3 Juli hingga 29 Agustus lalu.

Negara-negara yang penduduk muslimnya dominan memang menyuarakan dukungan yang besar. Namun di negara-negara yang sikap pemerintahnya menentang pengakuan kedaulatan Palestina, jumlah warga yang mendukung pengakuan juga besar. AS dan Filipina misalnya, yang secara resmi menentang upaya Palestina, ada 36 persen warga yang menentang pengakuan. Namun ternyata 45 persen responden di AS dan 56 persen responden di Filipina justru mendukung pengakuan kedaulatan itu.

Dukungan terbesar diberikan responden di Mesir, di mana 90 persen mendukung dan hanya 9 persen yang menentang. Di negara mayoritas muslim lainnya seperti di Turki, 60 persen warga mendukung dan 19 persen menentang. Di Pakistan, 52 persen mendukung dan 12 persen menentang. Di Indonesia, 51 persen responden mendukung dan 16 persen menentang.

Di China, 56 persen warga mendukung status penuh Palestina sebagai negara anggota PBB, bukan cuma peninjau seperti saat ini dan hanya 9 persen yang menentang. Angka dukungan di negara-negara Uni Eropa ternyata juga tinggi. Di Prancis 54 persen mendukung dan 20 persen menentang, di Jerman 53 persen mendukung dan 28 persen menentang, sementara di Inggris 53 persen mendukung dan 26 persen menentang.

Secara keseluruhan, 30 persen responden memilih tidak memberi jawaban, di antaranya ada yang memilih pemerintah mereka bersikap abstain atau “mempertimbangkan,” atau ada juga yang tidak berpendapat sama sekali.

Sikap Palestina yang dibawa ke PBB pekan ini adalah meminta pengakuan penuh atas kedaulatan negara mereka berdasarkan tapal batas tahun 1967 yang mencakup wilayah-wilayah Tepi Barat termasuk Jerusalem Timur dan Jalur Gaza.

bas

Status dan sikap Palestina :
* Palestina saat ini memiliki status sebagai peninjau tetap yang diwakili Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).
* Pemerintah Palestina ingin agar status ini ditingkatkan menjadi negara anggota penuh PBB.
* Peningkatan status sebagai peninjau yang hak-haknya diperluas bisa menjadi pilihan penengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya