SOLOPOS.COM - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Istimewa/tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, SINGAPURA – Hasil terbaru turnamen bulu tangkis Singapore Open 2023, Rabu (7/6/2023). Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menang di babak awal untuk lolos ke 16 besar.

Bertanding di lapangan 1 Singapore Indoor Stadium, Singapura, Rabu sore WIB, Apriyani/Fadia harus melalui pertarungan sengit tiga game melawan wakil tuan rumah, Jin Yu Jia/Wong Jia Ying Crystal, dengan skor 15-21, 21-19, 21-15.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apriyani/Fadia menempati unggulan keenam di Singapore Open 2023 yang masuk dalam kalender BWF World Tour Super 750 tersebut.

Di babak 16 besar yang akan dimainkan Kamis (8/6/2023), Apriyani/Fadia menghadapi ganda putri asal Jepang, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi yang dinyatakan menang atas ganda Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Tan/Thinaah terpaksa mundur dari pertandingan pada posisi skor 13-21, 21-17, 9-16 untuk keunggulan Iwanaga/Nakanishi.

Seusai pertandingan Apriyani Rahayu menyatakan sempat tegang di laga perdana tersebut. Menurutnya kondisi lapangan juga berbeda dengan saat mereka latihan di tempat yang sama sebelumnya.

“Tadi dari game pertama, kami masih menganalisis bagaimana laju shuttlecock dan keadaan lapangan karena terasa sangat berbeda dengan kemarin saat berlatih. Selain itu, kami dalam posisi belum bisa keluar dari tekanan,” kata Apriyani dalam keterangan yang dirilis tim Humas dan Media PP PBSI, Rabu.

“Hari ini kami akui lawan memang sangat siap. Sementara itu, kami masih mencari-cari pola. Saat pengembalian lawan masuk dan dapat poin, saya bingung juga. Mau main bagaimana, belum didapat. Saya hanya mencoba terus berkomunikasi dengan Fadia dan pelatih.”

“Terus terang sempat tegang juga. Saat tertekan, kami kurang bisa menikmati permainan. Apalagi poin-poinnya mepet di game kedua. Mereka lebih siap sedangkan kami belum mampu mengontrol keadaan lapangan dan shuttlecock. Syukurlah di gim kedua dan ketiga, kemampuan kami bisa keluar semuanya dan bisa menang, meskipun masih ada kesalahan,” ungkap Apriyani.

Di sisi lain, Siti Fadia Silva Ramadhanti mengakui masih sering melakukan kesalahan dalam pertandingan perdana mereka di Singapore Open 2023 tersebut.

“Bersyukur bisa menang. Tadi memang dari awal, kami belum bisa keluar dari tekanan. Saya juga banyak melakukan kesalahan sendiri. Untung, di game kedua dan ketiga, saya bisa lebih tenang dan bisa meraih kemenangan. Kunci kemenangan tadi, kami hanya lebih fokus di setiap poin dan pukulan saja. Kami tidak mau buru-buru seperti di game pertama,” ucap Fadia.

Sementara itu, ganda campuran Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati tersingkir di babak 32 besar setelah kalah dari unggulan ketujuh asal Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dengan skor 21-15, 18-21, 14-21. Rehan menyatakan mereka kurang siap dengan perubahan pola permainan lawan.

“Kecewa juga tidak bisa memenangkan pertandingan. Di game pertama pola kami sebenarnya sudah benar. Lisa lebih berani dan bermain di depan dan saya jaga di belakang. Sayang, di game kedua kami kurang siap dengan perubahan pola lawan. Mereka sering menarik Lisa ke garis belakang. Tekanannya saya pun jadi berkurang,” ungkap Rehan kepada tim Humas dan Media PP PBSI seusai pertandingan.

Dengan kemenangan Apriyani/Fadia ini Indonesia telah meloloskan tujuh wakil ke babak 16 besar Singapore Open 2023. Perinciannya adalah dua wakil lolos pada hari pertama penyisihan dan lima wakil telah lolos di hari kedua babak 32 besar (hari ini).

Indonesia masih punya peluang menambah wakil ke babak 16 besar karena beberapa pemainnya sedang bertanding pada hari ini.

Berikut hasil pertandingan wakil Indonesia di Singapore Open 2023, hari ini:

Gregoria Mariska Tunjung vs Beiwen Zhang (AS) – (21-11, 17-21, 21-16)

Jin Yu Jia/Wong Jia Ying Crystal (Singapura) vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti – (15-21, 21-19, 21-15)

Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan

Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan (Taiwan) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) – (21-18, 21-19)

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti – (21-17, 19-21, 21-16)

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Su Ching Heng/Ye Hong Wei (Taiwan) – (21-5, 21-16)

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia) – (21-15, 18-21, 14-21)

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China)



Ng Ka Long Angus (Hong Kong) vs Anthony Sinisuka Ginting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya