Hasil Sidang Isbat, Ini Awal Ramadan 1440 H yang Ditetapkan Pemerintah
Sesi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1440 H secara hisab oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi. (@Kemenag_RI)

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan awal Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin (6/5/2019). Karena itu, kalangan muslim sudah bisa mempersiapkan ibadah puasa dan salat tarawih mulai Minggu (5/5/2019) malam ini.

“Awal Ramadan jatuh pada esok hari, Senin 6 Mei 2019,” kata Menag Lukman dalam konferensi pers yang juga disiarkan sejumlah televisi nasional serta disiarkan lewat streaming oleh Kementerian Agama.

Sebelum melakukan sidang Isbat, "Kita mengikuti pemaparan tentang posisi hilal, dilihat dari seluruh Tanah Air tercinta,” kata Lukman.

Setelah magrib barulah dilakukan sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadan. Sidang diikuti para pimpinan umat Islam, ahli ilmu falak, astronomi, Lapan, BMKG, Observatorium Bosscha, dan ikut dihadiri pula dubes sejumlah negara sahabat.

Menurutnya, metode yang dipakai gabungan hisab dan rukyah. Kedua metode itu, kata Lukman, bukanlah dua metode yang berbenturan, melainkan dua cara yang saling melengkapi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom